DaerahKesehatan

127 Penderita Demam Berdarah di Kota Palopo tersebar 8 Kecamatan

1
×

127 Penderita Demam Berdarah di Kota Palopo tersebar 8 Kecamatan

Sebarkan artikel ini

Palopo – Sebanyak 127 penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Penderita tersebar di 8 Kecamatan di wilayah tersebut.

“Ya saat ini di Kota Palopo ada 127 penderita DBD,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Palopo San Ashari, Jumat (10/11/2023).

Berdasarkan data dari Januari hingga Oktober 2023, 127 penderita DBD di Palopo tersebar di 8 kecamatan. Hanya tersisa 1 Kecamatan yang tak memiliki penderita demam berdarah.

“127 penderita DBD tersebar di 8 kecamatan dan hanya Kecamatan Sendana yang Zero DBD, dan alhamdulillah tidak ada yang meninggal dunia,” ungkapnya.

San Ashari mengungkapkan tingginya angka penderita demam berdarah disebabkan peralihan musim di Kota Palopo. Menurutnya banyak kubangan dan sampah yang menumpuk mengakibatkan genangan air dan menjadi perindukan nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak.

“Saat ini lagi peralihan musim dari kemarau ke hujan banyak kubangan dan tumpukan sampah masyarakat yang mengakibatkan genangan jadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti,” ucapnya

Dirinya pun berharap agar masyarakat Kota Palopo peka dengan lingkungan sekitar. Seperti bakti sosial yang dilakukan Dinas Kesehatan Palopo beberapa waktu lalu yakni pemberantasan sarang nyamuk (PSN) oleh petugas Puskesmas dan petugas kecamatan di masing-masing wilayah.

“Ya kami berharap masyarakat bisa aktif lakukan PSN dengan 3M Plus, yaitu menguras penampungan air, menutup penampungan air,  membersihkan tempat penampungan air dan mengubur atau mendaur ulang barang bekas,” harapnya.

San Ashari juga menambahkan gejala DBD mulai dari demam hingga 40 derajat Celcius yang diikuti dengan rasa sakit kepala parah, serta nyeri otot dan sendi hingga area di belakang mata.

“Apabila kita merasakan atau menemukan orang disekitar kita mengalami gejala tersebut segera perikakan ke fasilitas kesehatan terdekat,” jelasnya

Berikut rincian penyebaran DBD perkecamatan di Kota Palopo

Kecamatan Wara : 26 Penderita
Kecamatan Wara Timur : 26 Penderita
Kecamatan Wara Utara : 10 Penderita
Kecamatan Wara Selatan : 9 Penderita
Kecamatan Wara Barat : 17 Penderita
Kecamatan Mungkajang : 9 Penderita
Kecamatan Telluwanua : 4 Penderita
Kecamatan Bara : 26 Penderita
Kecamatan Sendana : 0 Penderita