DaerahPeristiwa

26 Warga di Toraja Diduga Keracunan Makanan

4
×

26 Warga di Toraja Diduga Keracunan Makanan

Sebarkan artikel ini

Makale, Smartnews – Sebanyak 26 orang warga di Lembang (desa) Bau Selatan, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, diduga keracunan usai menyantap hidangan setelah menanam jagung di salah satu kebun milik warga.

Kejadiannya, Minggu 15 Mei 2022 lalu. Saat ini kondisi 26 warga tersebut mulai membaik.

Hal tersebut dikatakan oleh Kapolsek Bonggakaradeng Iptu Samuel Sattu. Ia menyebutkan, jika saat kejadian para warga menyantap makanan yang disajukan berupa nasi dengal lauk ayam ras sebanyak 2 ekor dan 1 ekor ayam kampung.

Samuel mengatakan, jika sebanyak 24 orang korban sedang ditangani pihak Puskesmas Buakyu dengan perawatan rumah masing-masing. Sementara dua orang lainnya dirawat di Puskesmas Masalle, Kabupaten Enrekang.

“Tadi malam setelah kami mendapatkan informasi dari warga, kami bersama anggota lansung mendatangi lokasi dan mengecek kondisi korban, ya sebanyak 26 korban yang mengalami keracunan dan hari ini kondisinya sudah mulai membaik,” kata Samuel dalam keterangan tertulisnya, Selasa 17 Mei 2022.

“Dua orang yang masih dirawat di PKM Masalle Kabupaten Enrekang juga kondisinya semakin membaik satu orang sudah kembali kerumahnya,” sambungnya.

Lebih jauh, dirinya menjelaskan jika dari hasil introgasi pihaknya menemukan jika para warga yang diduga keracunan mereka rata-rata menyantap nasi dengan lauk ayam ras. “Sedangkan yang memakan ayam kampung tidak megalami  keracunan,” jelasnya.

Pihak kepolisian juga telah mengambil sampel makanan dan di serahkan ke pihak medis PKM Buakayu untuk di lakukan pemeriksaan di laboratorium. (*)