Headline

Cegah Kebakaran, Anggota Komisi C Minta Masyarakat Waspada Penyebab Utamanya

638
×

Cegah Kebakaran, Anggota Komisi C Minta Masyarakat Waspada Penyebab Utamanya

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kutim, Sobirin Bagus.

KUTIM – Maraknya musibah kebakaran yang terjadi di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi perhatian berbagai pihak. Salah satunya dari anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kutim, Sobirin Bagus.

Wakil rakyat itu mengatakan masyarakat harus lebih waspada dengan potensi kebakaran. Penyebab kebakaran pun harus diminimalisir.

Untuk itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyarankan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Utamanya, penyebab kebakaran yang banyak terjadi.

“Rata-rata kebakaran terjadi karena korsleting listrik. Untuk itu, Pemerintah harus mengedukasi masyarakat mengenai instalasi listrik yang aman,” kata Sobirin Bagus.

Menurut Anggota komisi C DPRD Kutim itu, instalasi listrik merupakan hal vital. Sebab, sudah menjadi kebutuhan pokok setiap masyarakat. Hanya saja, jika instalasi asal-asalan, maka akan berdampak buruk kedepannya.

Salah satu langkah yang dapat diambil adalah memilih peralatan instalasi listrik yang aman. Selain itu, instalasi listrik itu harus berstandar SNI.

“Instalasi listrik itu sesuatu yang sangat, vital. Maka jangan beli kabel-kabel yang murah. Kalau beli kabel, stop kontak, steker listrik, harusnya yang berstandar SNI,” ungkapnya.

Sobirin Bagus juga menjelaskan, tidak ada bantuan khusus bagi korban kebakaran. Hanya ada bantuan untuk korban musibah.

“Bantuan untuk kebakaran ada di Dinas Sosial. Tapi tidak ada yang secara spesifik ke kebakaran. Adanya bantuan sosial bagi yang terkena musibah. Musibahnya macam-macam seperti banjir, kebakaran. Tidak ada bantuan khusus ke kebakaran, tapi kebakaran bagian dari musibah yang dapat menerima santunan dari Dinsos,” pungkasnya. (adv)