Peristiwa

Intake Batupapan Hentikan Distribusi Air Bersih, Ini Penyebabnya

39
×

Intake Batupapan Hentikan Distribusi Air Bersih, Ini Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
Terlihat pegawai Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo berupaya membersihkan material yang menutupi pintu pompa air baku di di Intake V Batupapan, Minggu 31 Oktober 2021.

Palopo, Smartnews – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Mangkaluku Kota Palopo menghentikan suplai air bersih di Intake V Batupapan, Minggu 31 Oktober 2021.

Direktur Bidang Operasional Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo, Abdul Hamid melalui aduan pelanggan mengatakan, penghentian suplai air bersih ini disebabkan adanya perbaikan pada pintu pompa air baku.

“Daerah tanggapan air tersumbat material karena terjadi penyumbatan pada pintu pompa air baku,” katanya, Minggu 31 Oktober 2021.

Intake building adalah salah satu bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertama masuknya air dari sumber air. Bangunan ini dilengkapi dengan screen bar yang berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang terdapat dalam air.

Selanjutnya air akan masuk ke dalam bak besar sebelum dipompakan ke water treatment plant (WTP) kemudian didistribusikan ke pelanggan.

Intake V Batupapan yang berlokasi di Kelurahan Padang Lambe, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo dibangun tahun 2016. Dengan kapasitas 50 liter per detik, area distribusi Intake Batupapan meliputi poros Jembatan RSS hingga Poros Jembatan Miring, Kelurahan Pentojangan (Salutete), Marobo, Hombes, dan Pepabri.

Hamid menurutkan, sumbatan yang terjadi di pintu pompa air disebabkan broncong yang berfungsi sebagai bendungan air di depan pintu sumur pompa, bergeser menutup pintu sumur sehingga aliran air yang masuk ke intake terganggu.

Pergeseran broncong yang menutup pintu sumur ini disebabkan derasnya aliran Sungai Batupapan akibat hujan deras yang mengguyur daerah ini, Sabtu 30 Oktober 2021.

“Saat ini, kita terus melakukan upaya perbaikan. Mudah-mudahan hari ini sudah dapat diatasi sehingga distribusi air bersih ke pelanggan kembali normal,” pungkasnya.(*)