KesehatanLifestyle

Baik Untuk Penderita Diabetes, Ini Tiga Manfaat Olahan Santan

63
×

Baik Untuk Penderita Diabetes, Ini Tiga Manfaat Olahan Santan

Sebarkan artikel ini

PALOPO – Santan merupakan cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring. Santan juga kerap kali dijadikan pelengkap berbagai macam olahan makanan, mulai dari yang manis hingga yang gurih.

Tidak hanya membuat cita rasa makanan menjadi semakin, santan juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Bahkan, santan disebut bisa membantu menurunkan berat badan serta menguatkan sistem imun. Dilansir dari detik.com, berikut kandungan gizi yang terdapat di dalam santan.

Rendah Beban Glikemik

Meskipun santan termasuk jenis bahan yang memiliki indeks glikemik tinggi. Namun, ternyata beban glikemiknya hanya sekitar 4,81. Dikutip dari Food Struct, angka ini tergolong rendah.

Rendahnya beban glikemik berarti kenaikan kadar gula darah karena santan akan berlangsung sangat lambat. Sehingga tidak begitu berbahaya bagi penderita diabetes.

Asam Laurat

Banyak orang takut mengonsumsi santan karena mempertimbangkan kandungan lemak jenuh di dalamnya. Padahal, jenis lemak jenuh yang terdapat pada santan tergolong spesial karena dinilai lebih sehat seperti dikutip dari Livestrong.

Lemak sehat ini sering disebut medium-chain triglycerides (MCTs). Salah satunya yaitu asam laurat. Kandungan asam laurat ini berguna sebagai antivirus, antibakteri, antimikroba, serta antijamur.

Kaya Akan Mineral

Santan juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Diketahui konsumsi santan dapat memenuhi 22% kebutuhan zat besi harian. Selain itu, santan juga mengandung mengonsumsi 1 cup santan juga dapat memenuhi 110% asupan mangan harian yang disarankan.

Mengutip Livestrong mangan merupakan mineral yang berperan penting pada proses yang terjadi di dalam tubuh, seperti metabolisme, pembentukan tulang, serta penyembuhan luka. Sementara zat besi berfungsi dalam pembentukan hemoglobin, yakni senyawa yang membawa oksigen di dalam sel darah merah.

Tidak hanya itu, ternyata ada santan yang diperkaya dengan omega 3 & 6. Seperti halnya hasil inovasi produk dari PT Sasa Inti. Sasa Santan merupakan satu-satunya yang mengandung omega-3 dan omega-6.

Kedua zat ini Omega 3,6 diyakini memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh, mulai dari membentuk sel, mengendalikan peradangan, mengurangi depresi, hingga menambah energi untuk beraktivitas.

Anda juga tidak perlu khawatir akan kolesterol saat mengonsumsi olahan berbahan dasar santan. Sebab, Sasa Santan dibuat dengan teknologi UHT tanpa bahan pengawet dan 0% kolesterol.

Produk ini juga diolah dari daging kelapa tua berkualitas sehingga tekstur, rasa dan aromanya sama dengan santan peras. Penggunaannya pun terbilang mudah dan praktis karena bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak sebagai pengganti susu atau bisa digunakan sebagai bahan membuat aneka ragam makanan, seperti kare, gulai, dan lainnya.

Untuk itu, jangan ragu memakai Sasa Santan dalam memasak makanan bagi keluarga. Karena Sasa Santan membuat kita dan keluarga tersayang bisa menikmati masakan bersantan yang praktis, enak, bernutrisi sehingga mendatangkan kebahagiaan yang baik untuk imun tubuh juga. (*)