DaerahPemerintahan

Bupati Luwu Utara Harap BAZNAS Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

32
×

Bupati Luwu Utara Harap BAZNAS Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Sebarkan artikel ini
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Dok. Humas Luwu Utara)

Masamba, Smartnews – Setelah 19 tahun lamanya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Luwu Utara akhirnya memiliki kantor sendiri yang representatif.

Kantor BAZNAS Luwu Utara kini berada di jalan poros Trans Sulawesi Kelurahan Kappuna, Masamba, dan diresmikan oleh Bupati Indah Putri Indriani, Selasa 13 September 2022.

Dengan diresmikannya Kantor Basnas Luwu Utara yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati, sehingga tercatat 4 kantor BAZNAS yang ada di Sulawesi Selatan.

Pembangunan Kantor BAZNAS Luwu Utara ini bersumber dari infaq ASN dan masyarakat Luwu Utara itu sendiri, sehingga dengan berdirinya Kantor BAZNAS Luwu Utara, masyarakat dapat merasakan manfaat dari hadirnya Kantor BAZNAS yang permanen.

Bupati Indah Putri Indriani mengatakan BAZNAS ini sifatnya kolektif, sehingga pihaknya berkomitmen menghadirkan Kantor BAZNAS yang representatif, sehingga masyarakat dapat mengetahui proses pengumpulan, pengelolaan, dan distribusi zakat.

“Pertama yang harus dilakukan, tunjukkan hadirnya BAZNAS. Salah satunya adanya kantor ini, sehingga masyarakat yakin bahwa ada yang bisa didatangi, bisa dimintai pertanggungjawaban, dan tidak perlu mencari satu-satu, karena sudah ada kantornya,” kata Indah.

Indah Putri berharap pada pengelola BAZNAS Luwu Utara agar melakukan peningkatan pelayanan berbasis digital. Selain memudahkan, pelayanan pada ranah digital juga akan mewujudkan akuntabilitas pengelolaan zakat.

“Sekarang ini, dengan sistem digitalisasi, semua menjadi lebih mudah. Dari mana, siapa, para Muzakki, dan para Mustahiq-nya. Semua bisa ditelusuri. Ini juga sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas dari pengelolaan zakat itu sendiri,” terang dia.

Untuk pembayaran zakat, kata Indah, masyarakat juga dapat melakukan pembayaran di mana saja karena BAZNAS Luwu Utara sudah memiliki penyimpanan digital alias QR Code yang dapat dipindai langsung ketika masyarakat melakukan transaksi digital.

“Kemudian, zakat juga bisa dibayar di mana saja, karena BAZNAS Luwu Utara kini sudah punya QR Code. Jadi, dalam keadaan apa pun, jika bapak-ibu sekalian mau bersedekah, mau berinfak, maka tinggal scan QR Code-nya,” jelasnya

Sementara itu, salah seorang Dewan Pengawas BAZNAS Lutra, Amiruddin menuturkan, setelah 19 tahun tahun kantor BAZNAS Lutra kini memiliki kantor sendiri.

“Dengan kantor baru ini, BAZNAS Luwu Utara akan semakin amanah dan berkinerja,” ucapnya. (*)