EkobisHeadline

Harga BBM Bisa Kembali Normal, Ini Syaratnya…

53
×

Harga BBM Bisa Kembali Normal, Ini Syaratnya…

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi bahan bakar minyak.

Jakarta, Smartnews – Harga minyak dunia saat ini mengalami penurunan. Hal ini, juga bisa berdampak pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia yang sempat mengalami kenaikan.

Meski harga minyak dunia saat ini telah turun, namun pemerintah belum juga memutuskan untuk menurunkan harga BBM.

Dilansir CNBC Indonesia, Ekonom INDEF, Abra Tallatov menyebutkan, jika pemerintah memiliki pertimbangan khusus untuk menetukan harga BBM subsidi seperti Pertalite.

Namun, dengan tren penurunan harga minyak mentah dunia ini, biaya produksi BBM akan mengalami penurunan.

Nah, untuk menentukan harga BBM di dalam negeri seperti Pertalite harus dilihat apakah harga BBM Pertalite yang saat ini Rp 10.000 per liter sudah melewati batas harga jual sesuai keekonomian.

“Menurut saya dengan penurunan minyak mentah, kalau ini terjadi secara konsisten dalam beberapa bulan mendatang dan tidak fluktuatif, misalnya terjadi dua minggu sampai dua bulan, pemerintah patut menurunkan harga Pertalite,” katanya.

Sebab katanya, jika pemerintah tidak menurunkan harga BBM ditengah penurunan harga minyak dunia, akan menimbulkan rasa tidak percaya dari masyarakat kepada pemerintah.

Sebab, pada kenaikan harga BBM sebelumnya, pemerintah beralasan bahwa kenaikan harga BBM disebabkan naiknya minyak mentah dunia.