Air Bersih Tidak Mengalir di Bara dan Talluwanua, Ini Penyebabnya

Palopo, Smartnews – Distribusi air bersih di sejumlah wilayah di Kecamatan Telluwanua dan Kecamatan Bara, Kota Palopo kembali terganggu, Jumat 12 November 2021. Sejak pukul 07.00 wita, air ledeng di dua kecamatan ini tidak mengalir.

Direktur Bidang Operasional Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Mangkaluku Kota Palopo, Abdul Hamid, mengatakan, tidak mengalir air ledeng di dua kecamatan ini disebabkan adanya pembersihan di Intake V Batupapan.

“Saat ini sedang dilakukan pengurusan pada instalasi sehingga distribusi air bersih melalui jaringan pipa kita hentikan untuk sementara,” kata Hamid kepada smartnews.co.id.

Intake building adalah salah satu bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertama masuknya air dari sumber air. Bangunan ini dilengkapi dengan screen bar yang berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang terdapat dalam air.

Selanjutnya air akan masuk ke dalam bak besar sebelum dipompakan ke water treatment plant (WTP) kemudian didistribusikan ke pelanggan.

Intake V Batupapan yang berlokasi di Kelurahan Padang Lambe, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo dibangun tahun 2016. Dengan kapasitas 50 liter per detik, area distribusi Intake Batupapan meliputi poros Jembatan RSS hingga Poros Jembatan Miring, Kelurahan Pentojangan (Salutete), Marobo, Hombes, dan Pepabri.

Hamid menurutkan, pembersihan dilakukan karena endapan lumpur pada instalasi cukup tinggi yang disebabkan tingginya tingkat kekeruan air aliran sungai.

“Kita upayakan dua jam ke depan distribusi air bersih sudah kembali normal,” kata Hamid yang dihubungi sekitar pukul 08.30 wita.(*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News