HeadlinePolitik

Aisyah Tiar Arsyad: Prabowo Presiden, Luwu Tengah Terbentuk

105
×

Aisyah Tiar Arsyad: Prabowo Presiden, Luwu Tengah Terbentuk

Sebarkan artikel ini

Beberapa program perjuangan yang disiapkan Aisyah antara lain menggelontorkan APBN untuk membangun infrastruktur transportasi, pertanian dan UMKM di dapil 3. Termasuk diantaranya pembangunan industri pengolahan pertanian di tanah Luwu.

Sementara Pakar Ekonomi, Aprianto menjelaskan, surplus padi di wilayah Luwu Raya mencapai 40 ribu ton pertahunnya. Namun, hal itu tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesejahteraan petani di Tana Luwu.

“Luwu Raya surplus 40 ribu ton padi tapi tidak memberikan kontribusi bagi kesejahteraan petani karena kita hanya jualan gabah. Sebab kita tidak punya pabrik gabah di Luwu Raya,” tambah Pakar Ekonomi, Aprianto.

Dia menjelaskan, infrastruktur pertanian dan perekonomian rakyat di Luwu Raya sangat minim. Bahkan Kabupaten Luwu Utara dan Luwu masuk lima besar kabupaten termiskin di Sulawesi Selatan.

“Tingkat kemiskinan tinggi, Luwu Utara 13,22 persen dan Luwu 12,49 persen, masuk lima besar kabupaten termiskin di Sulsel. Sementara tambang emas dan nikel ada di Luwu Raya,” ujarnya.

“Ternyata kantong kemiskinan itu ada di petani, karena pemerintah tidak menyediakan industri pengolahan untuk mengkonversi nilai tambah pada hasil panen,” keluhnya.