DaerahHeadlinePeristiwa

Anging Puting Beliung Sapu 90 Rumah di Luwu Utara, 3 Rusak Parah

42
×

Anging Puting Beliung Sapu 90 Rumah di Luwu Utara, 3 Rusak Parah

Sebarkan artikel ini

Masamba, Smartnews – Sebanyak 90 unit rumah di dua desa dari dua kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, rusak akibat disapu angin puting beliung, Minggu 16 April 2023.

Dua desa dan kecamatan tersebut yakni, Desa Lara, Kecamatan Baebunta Selatan dan Desa Tarobok Kecamatan Baebunta.

Itu berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Senin 17 April 2023.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Luwu Utara, Nurdin, merincikan ada sekitar 21 rumah atau KK di Desa Lara Kecamatan Baebunta Selatan dan 69 rumah atau KK di Desa Tarobok, Kecamatan Baebunta.

“Data sementara 90 unit rumah warga yang diterjang angin puting beliung,” ujarnya kepada awak media.

Kepala Desa Lara, Reski Mubarak mengatakan dari 21 unit rumah yang diterjang puting beliung terdapat 1 unit rumah yang rusak parah.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini hanya saja terdapat 1 orang warga yang tertimpa dinding dan mengalami luka ringan memar bagian leher,” ucap Reski.

Lanjut Reski dari jumlah korban sebanyak 21 KK itu terdapat 80 jiwa yang terdampak dan telah mendapat bantuan dari Bupati Luwu Utara.

“Warga yang terdampak terdiri dari 1 jiwa bayi, 4 jiwa balita, 16 jiwa anak, 45 jiwa orang dewasa dan 14 jiwa lansia, siang tadi sudah ada bantuan dari Pemda Luwu Utara yang diserahkan langsung Bupati berupa kebutuhan dasar dan tim medis dari Puskesmas Lara,” ujar Reski.

Sementara Kepala Desa Tarobok, Muhammad Arif mengatakan angin kencang disertai hujan deras secara tiba-tiba menghantam pemukiman penduduk, wargapun berhamburan menyelamatkan diri.

“Dari 69 rumah atau yang diterjang angin puting beliung, terdapat 2 rumah rusak berat, 67 rusak ringan,” tutur Arif. (*)