DaerahHeadlinePolitik

Antisipasi Kericuhan, Polres Palopo Simulasi Pengamanan Pemilu

3
×

Antisipasi Kericuhan, Polres Palopo Simulasi Pengamanan Pemilu

Sebarkan artikel ini
Kepolisian Resort (Polres) Palopo menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota), jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Palopo, Smartnews.co.id – Kepolisian Resort (Polres) Palopo menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota), jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di depan Kantor KPU Palopo, Jalan Pemuda, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kamis (12/10/2023).

Dalam kegiatan ini, pihak kepolisian melakukan sejumlah simulasi dengan skenario konflik. Itu dilakukan untuk mengantisipasi semua kemungkinan pada saat Pemilu 2024.

Seperti diketahui, saat Kota Palopo masuk dalam zona merah Pemilu 2024. Skenario dimulai pengumuman verifikasi faktual, adanya pendukung salah satu Paslon tidak terima dengan keputusan KPU Palopo.

Lalu adanya salah seorang pemilih tidak terdaftar dan memaksa anggota KPPS untuk melakukan pencoblosan di TPS 3 Takkalala dan terjadi keributan.

Skenario berikutnya setelah pemungutan dan penghitungan suara di TPS 3 Takkalala, petugas KPPS beserta 2 linmas dan 1 Personil Polri mengawal kotak suara menuju PPK Warsel namun dalam perjalanan 1 unit mobil OTK menghadang dan berhasil merampas kotak suara.

Namun, dengan kesiapsiagaan personil Polres Palopo mendatangi TKP dan berhasil menangkap pelaku serta mengamankan kotak suara. Lalu terkait dengan penangkapan tersebut, sekelompok massa tidak menerima dan melakukan penjarahan di SPBU dan PNP Palopo.