DaerahHeadlinePemerintahan

APBD Perubahan Naik, Bupati Luwu Ingatkan OPD Maksimalkan Penggunaan Anggaran

×

APBD Perubahan Naik, Bupati Luwu Ingatkan OPD Maksimalkan Penggunaan Anggaran

Sebarkan artikel ini
Bupati Luwu, Basmin Mattayang.

Belopa, Smartnews – Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengingatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, agar memaksilkan penggunaan anggaran.

Basmin mengungkapkan, pendapatan daerah pada anggaran perubahan tahun 2022, naik sebesar Rp. 122,9 miliar.

Anggaran perubahan naik lebih dari APBD Pokok Rp. 1,37 triliun lebih, sehingga nilainya menjadi Rp. 1,49 triliun lebih.

Sedangkan Belanja Daerah pada anggaran perubahan tahun 2022 naik sebesar Rp. 168,3 miliar lebih dari ABPD Pokok yakni Rp. 1,38 triliun.

Hal tersebut dikatakan bupati bergelar Doktor itu, dalam sidang paripurna terkait penandatangan persetujuan bersama Ranperda perubahan APBD Kabupaten Luwu Tahun Anggaran 2022, di ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD Luwu.

“Setelah nanti ditetapkan peraturan daerah tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2022,” katanya.

“Saya ingatkan pimpinan OPD untuk segera memaksimalkan penggunaan anggaran dengan melengkapi RKA dan DPA,” pesan Basmin.

Dia menjelaskan, jika persetejuan bersama ini nantinya akan disampaikan kepada Gubernur Sulawesi Selatan, untuk melakukan evaluasi.

Evaluasi tersebut bertujuan untuk menguji kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan yang meliputi aspek teknis, aspek material dan aspek legalitas.

“Setelah hasil evaluasi dari Pemprov Sulsel, selanjutnya akan disempurnakan oleh tim anggaran Pemda yang kemudian dituangkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Luwu”, jelasnya

Diakhir pidato pengantarnya, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Luwu atas kerjasama yang baik dengan tim anggaran pemerintah daerah.

Sehingga pembahasan ranperda perubahan APBD Kabupaten Luwu tahun anggaran 2022 dapat terselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. (*)