Ayo Tes IQ Kamu Dengan Tiga Pertanyaan Ini

Smartnews – Jika kamu ingin menguji kecerdasan, tetapi tidak punya banyak waktu untuk mengikuti tes IQ yang panjang dan memakan waktu lama, melansir VIVA, memberi solusi yang tepat buat kamu.

Ya, tes IQ berikut ini merupakan yang tersingkat di dunia, karena hanya terdiri dari tiga pertanyaan matematika dan seharusnya tidak memakan waktu terlalu lama untuk menyelesaikannya. Tapi, berhati-hatilah karena ini akan cukup sulit.

Disebut juga dengan Tes Refleksi Kognitif, tes IQ ini sebenarnya tidaklah baru. Tapi awalnya merupakan bagian dari makalah penelitian yang diterbitkan pada 2005 oleh Profesor MIT Shane Frederick.

Makalah tersebut baru-baru ini viral kembali di internet, karena banyak orang yang tertarik untuk mencobanya. Sebagai bagian dari penelitiannya, Profesor Frederick meminta lebih dari 3000 peserta dari berbagai latar belakang pendidikan untuk menyelesaikan tes ini.

Bahkan, mahasiswa yang kuliah di universitas top Amerika, seperti Yale dan Harvard, ikut berjuang menemukan jawabannya lho. Dari semua peserta yang ikut, ternyata hanya 17 persen yang berhasil menjawab dengan benar semua pertanyaan. Artinya, 83 persen gagal menjawabnya.

Lalu, bagaimana dengan kamu? Sudah siap mengikuti tes IQ ini? Berikut tiga pertanyaannya, dilansir Mirror, Rabu 29 September 2021.

  1. Sebuah pemukul dan sebuah bola harganya US$1,10. Harga pemukul US$1 lebih mahal dibanding bola. Lalu, berapa harga bolanya?
  2. Jika dibutuhkan 5 mesin dan 5 menit untuk membuat 5 widget. Berapa lama waktu yang dibutuhkan 100 mesin untuk membuat 100 widget?
  3. Di sebuah danau, ada sepetak bunga lili. Setiap hari, jumlahnya menjadi dua kali lipat. Jika diperlukan 48 hari agar petaknya menutupi seluruh danau, berapa lama hari yang dibutuhkan sampai petak bunga lili menutupi setengah danau?

Nah, bagaimana sudah siap dengan jawabanmu? Tiga jawaban paling umum yang banyak orang tebak adalah 10 sen untuk pertanyaan pertama, 100 menit jawaban kedua dan 24 hari untuk jawaban ketiga.

Tapi sayangnya, jawaban-jawaban itu semua salah. Lalu, berapa jawaban yang benar? Berikut tiga jawaban yang benar.

  1. US$0,05 atau 5 sen. Jika kamu menjawab 10 sen, pemukul dan bola itu akan berharga US$1,20 bukan US$1,10.

 

  1. 5 menit. Dalam pertanyaan diungkapkan bahwa dibutuhkan 5 menit per 1 mesin widget untuk membuat 1 widget.

 

  1. 47 hari. Banyak yang terkecoh dengan menjawab 24 hari. Ingat, kuncinya petaknya berlipat ganda setiap harinya. Otomatis yang menutupi setengah danau akan menutupi sepenuhnya hanya dalam 1 hari. Kurangi satu hari dari 48 hari, dan kamu akan mendapatkan jawaban 47 hari.

Bagaimana, apakah kamu bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar? Atau kamu termasuk yang terjebak dan gagal menjawab soal-soal di atas? Nah, buat yang gagal jangan kecewa.(*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News