HeadlinePolitik

Bawaslu Temukan 462 DPTB Masuk Palopo, Asbudi: KPU Tutupi Data Pemilih

×

Bawaslu Temukan 462 DPTB Masuk Palopo, Asbudi: KPU Tutupi Data Pemilih

Sebarkan artikel ini
Komisioner Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra menyebut KPU Palop menutup ruang untuk data pemilih pada pemilu 2024 mendatang. (Dok. Smart News)

Palopo, Smartnews.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Palopo, menemukan sebanyak 462 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) yang tersebar di 9 kecamatan di Kota Palopo.

Demikian dikatakan Komisioner Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra dalam media gathering bersama awak media, di Nine Room Cafe, Jumat 22 Desember 2023.

“Berdasarkan temuan pengawas desa/kelurahan, data 462 DPTB ini memilih pindah dalam rentang waktu 18 Agustus hingga 6 Desember 2023,” ujarnya.

Asbudi merincikan, dari 9 kecamatan yang ada di Kota Palopo, Kecamatan Wara Timur menjadi penyumbang DPTB terbanyak dengan jumlah 134 orang.

“Kemudian Kecamatan Sendana 78 orang, Wara 58 orang, Bara 44 orang, Mungkajang 42, Wara Selatan 35 orang, Wara uatata 34 orang dan Wara Barat 10 orang,” jelasnya.

Hanya saja kata Asbudi, pihaknya tidak bisa membeberkan secara detail terkait lokasi pindah dan asal para pemilih pindah tersebut. “Karna kami tidak mendapat data by name by addres dari KPU Palopo,” ungkapnya.

Dia juga tidak menampik, jika 462 DPTB ini adalah pemilih yang dimobilisasi oleh pihak terkait.