DaerahHeadline

Besok, Sandiaga Uno Kunjungi Palopo, Ini Agendanya

30
×

Besok, Sandiaga Uno Kunjungi Palopo, Ini Agendanya

Sebarkan artikel ini
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (INT)

Palopo, Smartnews – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dijadwalkan berada di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Rabu 12 Oktober 2022.

Ia diagendakan akan mengunjungi Kelurahan Kambo, Kecamatan Mungkajang, Palopo.

Sandiaga Uno dijadwalkan tiba di Bandara Lagaligo Bua, Kabupaten Luwu, pada pukul 08.45 Wita.

Setiba di bandara, Sandiaga Uno langsung menuju Kelurahan Kambo. Ia bakal naik mobil menuju kelurahan pengunungan tersebut.

Kedatangan Sandiaga Uno dalam rangka visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Kambo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Palopo, Firmanza DP mengatakan, pihaknya sudah siap menyambut menteri.

Serta siap menghadapi penilaian lapangan kampung wisata Kambo. “Kita sudah mempersiapkan semuanya,” kata Firmanza, Selasa 11 Oktober 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Palopo, Munasirah mengatakan kampung wisata Kambo sudah siap menyambut menteri.

Kata dia, dalam penilaian ini akan dilihat bagaimana keaktifan dan keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Kambo.

Ia juga mengungkapkan pada saat penganugerahan desa wisata beberapa waktu lalu ada beberapa indikator yang harus dipertahankan.

Diantaranya daya tarik pengunjung, kebersihan toilet umum, souvernir, layanan homestay hingga konten kreatif. “Bagaimana pengelola desa wisata membuat konten berkaitan desa wisata,” katanya.

Beberapa indikator juga harus diperhatikan, seperti kebersihan, kesehatan, keamanan, kelestarian lingkungan, dan kelembagaan.

“Kelembagaan seperti kelompok sadar wisata yang merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata desa dan mensukseskan pembangunan pariwisata daerah atau nasional,” jelasnya. (*)