DaerahHeadline

Canangkan Program Tanam Cabai, Pemkot Palopo Siapkan 75.000 Bibit

1
×

Canangkan Program Tanam Cabai, Pemkot Palopo Siapkan 75.000 Bibit

Sebarkan artikel ini
Penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani saat menanam cabai di samping Lapangan Tenis Indoor Saokotae pada hari Senin, 9 Oktober 2023.

Palopo, Smartnews .co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo mencanangkan program gerakan Tanam Cabai. Dalam program ini, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk menanam 10 pohon cabai.

Pencanangan program ini, sebagai langkah Pemkot Palopo dalam mengendalikan inflasi. Pencanangan program ini dilaksanakan di samping Lapangan Tenis Indoor Saokotae pada hari Senin, 9 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) Palopo, Ibnu Hasyim dalam laporannya mengatakan, program ini untuk menindaklanjuti dan mendukung program prioritas Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan.

Salah satunya yakni pengendalian inflasi dan ketahanan pangan serta kedaulatan pangan. Gerakan menanam cabai dilingkungan masing-masing 10 Pohon untuk 1 ASN kata Ibnu, bertujuan untuk meningkatkan stabilitas harga pangan khususnya tanaman cabai di Kota Palopo.

Sehingga harga dapat terkendali, menurunkan laju inflasi komuditi pertanian serta meningkatkan produksi komunitas pertanian untuk konsumsi rumah tangga yang ada di Kota Palopo.

“Terdapat 75.000 bibit cabai yang disediakan oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo akan didistribusikan kepada setiap ASN di Kota Palopo,” ujarnya.

“Seperti yang telah kita ketahui bahwa cabai merupakan salah satu komuditas penyumbang inflasi terlebih lagi saat ini adalah kemarau Panjang yang menyebabkan produksi cabai menurun,” tambah Ibnu.