DaerahRagam

Diklatsar ke-18 LPA Kapas, Lintasi Dua Daerah dan Empat Titik Camp

33
×

Diklatsar ke-18 LPA Kapas, Lintasi Dua Daerah dan Empat Titik Camp

Sebarkan artikel ini
Lembaga Pencinta Alam (LPA) Kapas Palopo kembali melakukan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) ke-18 yang dilaksanakan sejak Rabu, 28 September 2022 dan berakhir Minggu, 2 Oktober 2022.

Palopo, Smartnews – Lembaga Pencinta Alam (LPA) Kapas Palopo kembali melakukan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) ke-18 yang dilaksanakan sejak Rabu, 28 September 2022 dan berakhir Minggu, 2 Oktober 2022.

Sesuai tema Lintas Belantara (Lentera) 18, kegiatan ini melintasi dua daerah yaitu Kota Palopo dan Kabupaten Luwu, dengan empat titik camp mulai dari Sarang-sarang sampai Bantole.

Dalam kegiatan diklatsar Lentera 18 LPA Kapas, berbagai materi dasar tentang kepencinta alaman di turunkan di setiap camp, mulai dari Gunung Hutan (Mountaineering), Panjat Tebing (Rock Climbing), Susur Gua (Caving) dan Selam (Diving).

Ketua LPA Kapas, Yahya mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan diklatsar Lentera 18 ini adalah untuk mendidik para peserta dengan memberikan latihan-latihan dasar tentang ke pencinta alaman dan beberapa materi tambahan.

“Jadi tujuannya adalah untuk mendidik peserta diklatsar yang juga calon anggota baru di LPA Kapas dengan latihan-latihan dasar tentang kepencinta alaman dan beberapa materi tambahan seperti Manajemen Organisasi, Leadership, dan analisis wacana kritis,” ungkapnya.

Lanjut Yahya mengatakan bahwa dari 13 orang peserta hanya 5 yang berhasil dikukuhkan.

“Awalnya pendaftar ada 13 orang, dengan berjalannya kegiatan dari awal hingga akhir hanya 5 yang berhasil dikukuhkan Ade Lupita (Rawa), Inul Ere (Belantara), Pebriyanti (Semak), Iska Kuna (Jalan Setapak), Ningsi Umba (Padang) sebagai anggota baru LPA Kapas,” tambahnya.

Sementara itu Baim selaku salah satu pendiri LPA Kapas berharap dengan adanya tambahan anggota keluarga besar lembaga bisa lebih maju dan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Ya Alhamdulillah perekrutan anggota baru telah selesai, yang lolos ini artinya adalah kader terbaik dan kedepannya bisa menjaga nama baik organisasi dalam bermasyarakat,” harapnya. (*)