KesehatanLifestyleRagam

Empat Tips Olahraga Persiapkan Kehamilan

3
×

Empat Tips Olahraga Persiapkan Kehamilan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

AKTIVITAS olahraga sangat baik bagi yang sedang menyiapkan kehamilan atau sedang program hamil. Pasalnya, tubuh harus tetap sehat agar bayi dalam kandungannya juga sehat.

Berolahraga juga dipercaya dapat melancarkan proses mendapat kehamilan. Hal itu karena gaya hidup sangat berperan penting terhadap faktor mendapatkan kehamilan.

Dilansir dari Detik.com, olahraga dapat dilakukan mulai dari aktivitas fisik sedang, seperti jalan cepat, bersepeda, lari ringan, golf, maupun berkebun. Cukup luangkan waktu selama 30 menit setiap hari.

“Penting juga untuk berolahraga dengan tidak berlebihan. Sebab, olahraga yang berlebihan secara negatif dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh dan memengaruhi sistem reproduksi,” ujar dr Knight, Fertility Specialist dan Ginekolog di Demeter Fertility, seperti dikutip dari laman Womenshealth.

Berikut empat olahraga persiapkan kehamilan:

Yoga

Yoga mampu mendorong relaksasi, membantu membentuk postur tubuh, dan mempertahankan tonus otot. Olahraga ini sangat mudah dilakukan meski hanya dari rumah.

Pilates

Pilates berfungsi untuk menguatkan otot perut dan dasar panggul. Kedua area tubuh itu berperan penting selama masa kehamilan untuk menopang kandungan. Dengan melakukan pilates, otot perut dan dasar panggul diyakini tidak mudah melemah.

Latihan beban

Latihan beban dapat menjadi pilihan lain saat memulai untuk hamil. Olahraga ini bagus untuk mempertahankan tingkat kebugaran dan meningkatkan kekuatan.

Aerobik

Olahraga ini baik menjadi pilihan karena dapat melatih jantung dan paru-paru serta sangat bagus untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular secara keseluruhan.

Selain olahraga di atas, Bunda juga dapat memilih olahraga lain yang aman seperti renang sebagai olahraga untuk persiapkan kehamilan. Berenang diketahui merupakan olahraga low impact yang membangun tonus otot dan menawarkan manfaat kardiovaskular. (*)