EdukasiHeadline

Eva Stevany Rataba Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar di Toraja

292
×

Eva Stevany Rataba Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar di Toraja

Sebarkan artikel ini

Toraja, Smartnews – Anggota Komisi X DPR RI, Eva Stevany Rataba menggelar sosialisasi kurikulum merdeka belajar di Tana Toraja, Selasa 25 Juli 2023.

Dalam sosialisasi tersebut, legislator Partai Nasdem itu menggandeng Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dengan menyasar guru tingkat SD hingga SMA di Kabupaten Enrekang, Toraja dan Toraja Utara.

Kepala Subbagian Tata Usaha Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbudristek, Atep Kartiansyah mengatakan, kurikulum ini dirancang untuk penguatan karakter dan meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran.

“Kurikulum Merdeka Belajar ini dirancang dan disusun agar bisa diterapkan seminim apapun karena yang disasar disini adalah penguatan karakter, untuk meningkatkan proses pembelajaran,” katanya.

Kurikulum ini katanya, memerdekakan guru untuk berkreasi dalam memberikan layanan pendidikan yang baik, sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan lebih fleksibel dalam mengatur materi pelajaran, karena materinya lebih simpel dan tidak padat karena fokus pada bidangnya.

“Kami disini ingin pendidikan ini bermakna dan bermanfaat bagi anak. Pendidikan itu memerdekakan manusia lahir maupun batin,” ujarnya.

Kekuatan kurikulum tambah Atep, bukan dilihat dari banyaknya materi yang diberikan kepada siswa tetapi lebih memberikan ruang kepada siswa untuk dapat beradaptasi pada situasi yang terus berkembang pada kehidupan yang lebih kompleks.