HeadlineNasional

Hakim Konstitusi Sebut Kondisi Saat Ini Lebih Parah Dibanding Rezim Orba

6
×

Hakim Konstitusi Sebut Kondisi Saat Ini Lebih Parah Dibanding Rezim Orba

Sebarkan artikel ini
Hakim Konstitusi, Arief Hidayat. (INT)

Jakarta, Smartnews.co.id – Hakim Konstitusi, Arief Hidayat mengenakan baju berwarna hitam saat menghadiri acara Badan Pembina Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023.

Arief Hidayat sedang berkabung atas prahara yang terjadi di tubuh Mahkamah Konstitusi (MK) belakangan ini.

Ia juga mengomentari kondisi yang terjadi saat ini di Indonesia. Menurutnya, secara umum Indonesia saat ini sedang dalam kondisi tidak baik.

Ia menyebut kekuasaan semakin terpusat dan dipegang oleh segelintir orang. Dia menilai, kondisi Indonesia saat ini lebih parah dari rezim orde lama Sukarno dan orde baru Soeharto.

“Saya sebetulnya datang ke sini agak malu saya pakai baju hitam, karena saya sebagai hakim konstitusi sedang berkabung, karena di Mahkamah Konstitusi baru saja terjadi prahara,” kata seperti dikutip dari CNN Indonesia.

“Bayangkan, di era Soeharto, di era rezim orde lama atau orde baru sekalipun itu tidak ada kekuatan yang terpusat di tangan-tangan tertentu,” ujarnya.

Arief bahkan menyebut trias politica dalam negara demokrasi, mulai dari eksekutif, legislatif hingga yudikatif juga dikuasai segelintir orang.