Ragam  

Ini Keutamaan Puasa di Hari Kelima Ramadan

SMARTNEWS – Bulan ramadan merupakan salah satu bagian dari rukun Islam yang ketiga. Ramadan memiliki banyak keberkahan, keutamaan dan berbagai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya.

Keberkahan pertama, adalah bahwa puasa ramadan merupakan penyebab terampuninya dosa-dosa dan terhapusnya berbagai kesalahan. Keberkahan kedua, pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar.

Tidak hanya itu, setiap hari di bulan suci ramadan juga memiliki keberkahan dan keutaman sendiri bagi setiap orang yang menjalankan puasa.

Hari ini 7 April 2022 telah memasuki hari kelima ramadan. Pada hari kelima ini, Allah SWT akan memberikan surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota bagi umat muslim yang menjalankan puasa.

Setiap kota terdapat seribu rumah, dimana di setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan terdapat tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan terdapat tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.

Ahli tafsir Atha mengatakan, surga Ma’wa disebut sebagai tempat tinggal Jibril dan para malaikat lainnya.

Keberadaan surga Ma’wa disebut dalam surat An Najm ayat 15,

عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَىٰ

Artinya: “Di dekatnya ada surga tempat tinggal.”

Jannatul ma’wa menjadi tempat para hambaNya yang bertakwa, beramal sholeh, menahan hawa nafsu, dan meyakini kebesaran Allah SWT. (*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News