DaerahHeadline

IPMAL Desak Pemda dan DPRD Luwu Bentuk Perda Investasi dan Tenaga Kerja

1
×

IPMAL Desak Pemda dan DPRD Luwu Bentuk Perda Investasi dan Tenaga Kerja

Sebarkan artikel ini
Puluhan mahasiswa dari Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Luwu (IPMAL) berunjuk rasa di Kantor DPRD Kabupaten Luwu, Jumat 27 Mei 2022. (SMARTNEWS.CO.ID)

Belopa, Smartnews – Puluhan mahasiswa dari Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Luwu (IPMAL) berunjuk rasa di Kantor DPRD Kabupaten Luwu, Jumat 27 Mei 2022.

Mereka menyoroti investasi di Luwu, khususnya terhadap kehadiran PT Masmindo Dwi Area (MDA) dan Bumi Mineral Sulawesi (BMS).

Wakil Ketua IPMAL, Haswan Hasanuddin, dalam orasinya mengatakan jika kehadiran investasi di Luwu mengancam ekosistem lingkungan.

Terlebih lagi katanya, kehadiran investasi itu belum memberikan dampak terhadap kesejahteraan rakyat.

“Investasi di Luwu belum menghadirkan kesejahteraan terhadap rakyat, malah mengancam ekosistem lingkungan,” kata Aswan.

IPMAL bagian dari masyarakat mengiginkan keseriusan pemerintah daerah dalam membuat kebijakan yang pro terhadap keberlanjutan hidup warganya.

“Dengan keberadaan investasi atau industri pertambangan, kami tidak ingin menjadi orang asing di tanah sendiri, melihat bagaimana daerah kami habis dikeruk sementara msyarakat begitu jauh dari kata sejahtera,” katanya.

Olehnya itu IPMAL meminta pemerintah daerah bersama DPRD meminta agar road map investasi pro kesejahteraan masyarakat. Mendesak pemerintah membentuk Perda Investasi dan Tenaga Kerja.

Juga mendesak pemerintah melakukan renegoisasi Mou terhadap posisi masyarakat di sekitar wilayah investasi. Mahasiswa dalam aksinya demo di bawah guyuran hujan.

Mereka membakar ban bekas tepat di depan Kantor DPRD Luwu.

Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, mengatakan secara kelembagaan mendukung tuntutan pendemo. “Kita merespon baik tuntutan mahasiswa, kita akan tindak lanjuti,” tuturnya. (*)