EdukasiKesehatanLifestyleRagam

Jaga Kebugaran, Empat Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Rumah

1
×

Jaga Kebugaran, Empat Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Sebarkan artikel ini

Smartnews – Olahraga merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Ketika tubuh aktif bergerak, imunitas tubuh akan meningkat sehingga lebih resisten terhadap paparan penyakit akibat infeksi, seperti Covid-19.

World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyarankan masyarakat untuk berolahraga setiap hari sekitar 30-45 menit dengan intensitas olahraga sedang.

Hal itu dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubu. Agar manfaat olahraga bisa didapatkan, olahraga juga mesti dilakukan secara berkelanjutan.

Olahraga tak selalu harus dilakukan di luar rumah. Di masa pandemi, ada beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah supaya lebih aman.

Berikut empat olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

1. Jalan Kaki

Jalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan jika dilakukan secara teratur.

Selain itu jalan kaki juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan dapat memperkuat mekanisme pertahanan alami tubuh kamu.

Bahkan, Harvard Health Publishing menyebutkan sebuah penelitian yang menemukan mereka yang berjalan selama 20 menit setiap hari memiliki risiko jatuh sakit yang lebih rendah.

2. Olahraga Kardio

Olahraga kardio, seperti lompat tali, jumping, naik turun tangga sangat mudah untuk dilakukan di rumah.

Latihan kardio sangat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru karena membuat aliran darah dan udara dalam tubuh menjadi lebih baik.

Tentunya olahraga kardio bisa meningkatkan daya tahan tubuh.