EkobisHeadline

Jelang Ramadhan, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Palopo Melonjak

28
×

Jelang Ramadhan, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Palopo Melonjak

Sebarkan artikel ini
Sejumlah kebutuhan pokok di Kota Palopo mulai mengalami kenaikan harga menjelang bulan suci ramadhan 1444 Hijriah. (Fida/Smartnews)

Palopo, Smartnews – Sejumlah kebutuhan pokok di Kota Palopo mulai mengalami kenaikan harga menjelang bulan suci ramadhan 1444 Hijriah. Kenaikan harga ini dipicu kurangnya pasokan dari para petani.

Bahan pokok yang mengalami kenaikan cukup signifikan yakni cabai. Saat ini, harga cabai di Kota Palopo mencapai Rp 65 ribu per kilogramnya.

Selain cabai sejumlah kebutuhan yang mengalami kenaikan harga yakni, tomat dan bawang merah. Harga tomat di pasaran saat ini mencapai Rp 9 ribu perkilonya dari harga sebelumnya Rp 5 ribu.

Sedangkan untuk harga cabai, naik dari harga dari Rp 45 ribu perkilogramnya menjadi Rp 65 ribu. Bawang merah dijual seharga Rp 30 ribu. Sedangkan, cabai kriting dibanderol Rp 40 ribu hingga Rp 45 perkilogramnya.

Sementara untuk harga daging sapi saat ini masih cukup stabil berada di angka Rp 130 ribu perkilogramnya.

Salah seorang pedagang, Masita mengungkapkan, jika melonjaknya harga kebutuhan pokok ini akibat kurangnya pasokan dari para petani lantaran cuaca buruk.

“Karena kurangnya pemasukan barang dari petani yang di akibatkan cuaca yang buruk sehingga menyebabkan kenaikan harga,” katanya.

Kenaikan harga ini katanya, juga berdampak pada menunrunnya daya beli masyarakat. Sehingga dirinya berharap harga kebutuhan pokok bisa kembali stabil sebelum memasuki bulan ramadhan.

“Saya berharap semoga harga barang dapat turun sehingga kami dapat menjual dengan harga yang murah lagi” harapnya.

Sebelumnya, harga beras juga mengalami kenaikan. (Fid)