DaerahHeadlinePolitik

Kenalkan Upe sebagai Maskot Pilkada, KPU Toraja Utara Ajak Masyarakat Tolak Money Politik

×

Kenalkan Upe sebagai Maskot Pilkada, KPU Toraja Utara Ajak Masyarakat Tolak Money Politik

Sebarkan artikel ini
Suasana launching perhelatan dan sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara 2024, di alun-alun Kota Rantepao, Jumat 15 Juni 2024 malam.

Smartnews.co.id, Toraja Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara memperkenalkan Upe sebagai maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Upe sendiri merupakan tanaman khas Toraja Utara, yang hidup di air bersih dan mengalir.

Perkenalan itu dilakukan saat launching perhelatan dan sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara 2024, di alun-alun Kota Rantepao, Jumat 15 Juni 2024 malam.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Divisi Teknis KPU Toraja Utara, Samuel Rianto. Dia menjelaskan pemilihan Upe sebagai maskot diharapkan bisa membawa ketenangan dan sikap rendah hati.

Sehingga perhelatan Pilkada Toraja Utara bisa berjalan aman, kondusif dan damai. “Karena UPE ini habitatnya hidup di air jernih yang mengalir jika airnya tidak jernih dan tidak mengalir kemungkinan UPE gagal panen,” ujarnya.

Samuel juga mengajak seluruh pihak untuk turut serta dalam menjaga pesta demokrasi lima tahunan itu, dengan tidak melakukan diskrimanasi. Serta mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Dari titik nol Toraja Utara kita bulatkan tekad satu perarakan mewujudkan Pilkada yang adil, jujur dan berintegritas serta menyatakan komitmen bersama-sama untuk menyatakan tolak money politik,” pintanya.

Tidak hanya itu, dirinya juga meminta para pendukung kandidat nantinya untuk saling menghargai, dengan mengentikan penyebaran narasi-narasi yang bisa memecah belah masyarakat.

“Kalau masyarakat lebih mau berpartisipasi untuk melihat politik 2024 yang berwibawa maka mesti bangun maindset untuk mengatakan bahwa saya adalah bagian kecil untuk demokrasi ini,” lanjutnya.