Daerah

Masjid Al-Ukhwah Luwu Timur Juara Satu Masjid Ramah Lingkungan Tingkat Nasional

248
×

Masjid Al-Ukhwah Luwu Timur Juara Satu Masjid Ramah Lingkungan Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini

Smartnews.co.id, Luwu Timur – Masjid Al-Ukhwah, Kabupaten Luwu Timur meraih Juara 1 (Satu) di kategori Masjid ramah lingkungan.

Pengumuman itu disampaikan dalam puncak acara Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (AMPeRa) 2024 di Solo. Penghargaan tersebut meliputi 11 kategori dengan 33 nominasi se-Indonesia.

Plt Direktur Urusan Agama Islam, Ahmad Zayadi, menjelaskan, seleksi 33 masjid dalam AMPeRa 2024 melalui proses bertahap, mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

Seleksi di tingkat kecamatan dan kabupaten/kota dilakukan pada 16 hingga 31 Juli, dilanjutkan dengan seleksi provinsi dari 1 hingga 28 Agustus, dan seleksi nasional pada 29 Agustus hingga 18 September.

“Di tahap seleksi nasional, setiap kandidat diwajibkan mengunggah bukti pendukung kriteria yang ditetapkan, serta dilakukan verifikasi dan visitasi ke masjid di 19 provinsi, mulai dari Aceh hingga Papua,” pungkasnya

“Ini (AMPeRa) bukan sekadar menjadi kompetisi, tetapi langkah nyata dalam mentransformasi masjid agar pengelolaannya semakin baik, ekosistemnya moderat, serta lebih berdaya dan memberdayakan umat, juga menginspirasi masjid lainnya untuk mengikuti jejak pemenang,” sambungnya

Zayadi menjelaskan, semua pihak bertanggung jawab dalam pembangunan dan pembinaan masjid, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi keagamaan dan pengurus masjid (takmir), hingga masyarakat.