Mengenal Sosok Yusuf Usman, Selamat dari Tsunami Hingga Berangkatkan Anggotanya Umroh

Palopo, Smartnews – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yusuf Usman, ditunjuk menggantikan AKBP Alfian Nurmas sebagai Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Palopo.

Pergantian tersebut tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2280/X/KEP/2021 tertanggal 31 Oktober 2021. Ia merupakan jebolan, Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2003.

Sebelum menjabat sebagai Kapolres Palopo, Yusuf Usman menjabat sebagai Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dia putra dari (alm) H Usman Ahmad dan Hj Andi Maryam. Sedari kecil hingga beranjak dewasa, Yusuf dan keluarga bermukim di Asrama Polisi (Aspol) Panaikang Kota Makassar, sekitar 50 meter dari TMP Panaikang.

“Mendiang bapak pensiunan sipil di Polda Sulsel, sejak kecil sudah bergaul sama-sama anak kolong di Aspol Panaikang,” kata Yusuf sembari mengenang masa kecilnya, Jumat (5/11/2021) .

Sejak menyelesaikan pendidikan di Akpol, Yusuf banyak menghabiskan karirnya di wilayah Sumatera. Ia kembali ke Sulawesi Selatan dua tahun terakhir.

“Awal karir saya di Polda Sulsel itu baru berjalan dua tahun. Tahun 2019 saya masuk ke Sulsel itu sebagai Kasat Sabhara di Polrestabes Makassar, 2020 promosi ke Subdit Regident, sampai sekarang,” katanya.

“Saya 16 tahun di luar, Alhamdulillah sekarang pulang kampung. Bangga dong bisa bertugas di Sulsel,” tambahnya.

Siapa sangka, suami dari Deny Susilowati satu dari sekian korban selamat dalam bencana alam tsunami Aceh 2004 silam. Ia diberikan mukjizat oleh Allah SWT bisa bertemu kembali dengan orangtuanya di Makassar pasca bencana

Yusuf mengungkapkan tsunami Aceh adalah tragedi yang tak bisa ia lupakan. Kala itu, Yusuf bertugas sebagai Kapolsek Peukanbada, Polresta Banda Aceh.

Sebelum bertugas di Polda Sulsel, Yusuf menjabat Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Kapolrestabes Makassar. Sebelum mengakhiri jabatannya sebagai Kasat Lantas, ia mewariskan hal-hal yang menjadi motivasi untuk bagi personil Satlantas.

Salah satunya adalah memberikan reward kepada anggotanya yang berhasil dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. Ia memberangkatkan salah seorang personil Satlantas Polretabes Makassar beribadah umroh secara gratis.

Dari hasil pernikahannya, Yusuf dan Deny dikaruniai tiga anak, yakni Andi Muh Firas, Andi Daifa Nadia Salsabila, Andi Muh Zidan Alfarizi. (*)

 

Ikuti juga kami di Google News Smart News