DaerahHeadline

Pemkab Luwu Utara Fasilitasi Permodalan untuk Petani, Subsidi Bunga Nol Persen

2
×

Pemkab Luwu Utara Fasilitasi Permodalan untuk Petani, Subsidi Bunga Nol Persen

Sebarkan artikel ini

Masamba, Smartnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, akan memberikan bantuan modal bagi dengan subsidi bunga nol persen.

Kredit bantuan modal ini disalurkan melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (DP2KUKM).

“Program ini namanya Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Tahun lalu untuk UMKM tapi tahun ini kita perluas lagi ke petani,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

“Bapak/ibu bisa mengakses keuangan mulai Rp. 500 ribu hingga Rp. 20 juta tanpa membayar bunga sepersen pun karena Pemda memberi subsidi,” tambahnya.

Bantuan subsidi bunga ini kata Indah, diharapkan mampu mengurangi beban petani dalam membayar bunga kredit.

“Dengan subsidi bunga yang diberikan Pemda, harapannya petani kita tidak usah mengeluarkan uang lebih untuk membayar bunga,” lanjut Indah.

Isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini menegaskan, tidak ada potongan ataupun cash back untuk mengakses pembiaayaan UMi tersebut.

“Jika ada yang meminta cash back atau melakukan pemotongan, laporkan langsung pada saya. Saya sudah titip juga ke Perhiptani untuk menyambut program ini, agar memfasilitasi bapak/ ibu secara kolektif,” jelas bupati penerima penghargaan sebagai Tokoh Pelopor TPAKD Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan Tahun 2018 ini.

Terpisah, Plt Kadis DP2KUKM, Muh= Kasrum mengatakan di tahun 2022, sedikitnya ada 186 pelaku UMKM yang memanfaatkan program pembiayaan UMi.

“Terkait persyaratan, tahun lalu itu harus terdaftar Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), ada jaminan STNK, BPKB, atau emas,” katanya.

“Persyaratan ini yang nantinya kita bicarakan kembali dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kemenkeu agar syaratnya bisa dipermudah lagi. Dalam waktu yang tidak lama ini akan ada rapat koordinasi terkait hal itu,” jelas Kasrum. (*)