DaerahHeadlinePolitik

Pengamat Sebut Ibas-Puspa jadi Penantang Berat Petahana di Pilkada Luwu Timur

×

Pengamat Sebut Ibas-Puspa jadi Penantang Berat Petahana di Pilkada Luwu Timur

Sebarkan artikel ini
Budiman Hakim dan Irwan Bachri Syam (Ibas).

Smartnews.co.id, Malili – Dua pasangan kandidat calon bupati dan wakil bupati Luwu Timur, hampir dipastikan menjadi kontestan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024 mendatang.

Keduanya yakni, pasangan petahana Budiman-Akbar Andi Leluasa. Kemudian, Irwan Bachri Syam-Puspawati (Ibas-Puspa). Dua pasangan telah mengantongi rekomendasi dari partai politik.

Pasangan Budiman-Akbar mengantongi rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sementara pasangan Ibas-Puspa didorong oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Baik PDIP maupun Nasdem, saat ini memiliki jumlah kursi yang cukup untuk mengusung satu pasang calon, walau tanpa membentuk koalisi.

Banyak kalangan memprediksi, pasangan ini akan menjalani pertarungan head to head pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Pengamat politik UIN Alauddin Makassar, Febrianto Syam mengatakan, jika terjadi head to head dalam Pilkada Luwu Timur, maka petahana Budiman-Akbar akan menjalani pertarungan yang cukup berat.

Mengingat pesaingnya, Ibas-Puspa memiliki basis suara yang cukup besar untuk meruntuhkan petahana. Puspa merupakan istri mendiang Bupati Luwu Timur 2 periode, M Thoriq Husler.

“Bupati Budiman Hakim nampaknya harus siap menghadapi pertarungan berat dalam Pilkada Luwu Timur 2024,” ujar Dosen Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar itu.