DaerahHeadlinePolitik

Pengamat Sebut Ibas-Puspa jadi Penantang Berat Petahana di Pilkada Luwu Timur

2
×

Pengamat Sebut Ibas-Puspa jadi Penantang Berat Petahana di Pilkada Luwu Timur

Sebarkan artikel ini
Budiman Hakim dan Irwan Bachri Syam (Ibas).

Budiman kata Febrianto, harus memiliki tekad yang cukup kuat jika ingin mempertahankan posisinya sebagai kepala daerah. “Tekadnya harus kuat, jika ingin mempertahankan posisinya sebagai kepala daerah,” jelasnya.

Dalam beberapa hasil survei yang telah dirilis, elektabilitas Ibas masih unggul jauh diatas petahana Budiman. Ini juga menjadi alarm hati-hati bagi Budiman-Akbar jika ingin mempertahankan posisi mereka.

Poros Ketiga

Pengamat Politik Luwu Raya, Febriyanto Syam mengungkapkan, Pilkada Luwu Timur kemungkinan besar akan diikuti tiga pasang calon.

Mengingat masih banyaknya partai politik yang belum menentukan sikap untuk mengusung salah satu kandidat.

Beberapa figur katanya, berpotensi membuat poros ketiga. Sehingga pertarungan politik di Pilkada Luwu Timur terlihat lebih dinamis lagi.

“Dalam dinamika politik Luwu Timur, kemungkinan adanya lebih dari dua atau tiga pasangan calon menciptakan ketegangan dan pembentukan koalisi yang menarik,” katanya.

“Keberagaman figur calon menciptakan persaingan yang dinamis,” sambung Febrianto.

Partai politik memainkan peran penting dalam membentuk koalisi, dan perubahan jumlah kursi partai politik dari periode sebelumnya mencerminkan dinamika pergeseran politik di Luwu Timur. (*)