DaerahPemerintahanRagamUncategorized

Peringatan HJL dan HPRL, Bupati Luwu Serahkan Bantuan Pembangunan Rumah

3
×

Peringatan HJL dan HPRL, Bupati Luwu Serahkan Bantuan Pembangunan Rumah

Sebarkan artikel ini

Belopa, Smartnews – Bupati Luwu, Basmin Mattayang menyerahkan bantuan pembangunan baru kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah. Penyerahan bantuan itu, diserahkan secara simbolis pada puncak acara Hari Jadi Luwu (HJL) ke 754 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke 76.

Puncak acara ini, dipusatkan di halaman Rumah Jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Minggu 23 Januari 2022.

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, ada 100 unit yang mendapatkan bantuan pembangunan rumah baru dengan rincian, sebanyak 20 unit rumah di Kelurahan Larompong, Desa Paconne 15 unit rumah, Kelurahan Padang Subur 15 unit, Kelurahan Padang Sappa 15 unit dan Kelurahan Lamasi 20 unit.

Total bantuan pembangunan rumah baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah ini mencapai Rp. 4 Miliar. Dimana setiap rumah akan mendapatkan anggaran sebesar Rp. 40 Juta.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengingatkan, agar seluruh Wija To Luwu tidak terlena dengan kebesaran sejarah yang dimiliki Tana Luwu.

“Ditengah pandemi Covid-19 saat ini kita patut bersyukur karena ditengah keterbatasan anggaran kita masih bisa melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan baik fisik maupun ekonomi,” katanya.

Selain menyerahkan bantuan rumah, Basmin juga menyerahkan penghargaan kepada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Bone Pute dan Taman Kanak-Kanan (TK) Pembina sebagai lokus Sekolah Sehat.

Kemudian, Desa Bilante mendapat penghargaan sebagai lokus Kawasan Bebas Asap Rokok dan kampung Keluarga Berencana (Kampung KB). Posyandu Bunga Pute 2 sebagai lokus Fasilitas Kesehatan Sehat, serta UP2K Palempang Suli sebagain Lokus Rumah Sehat.

Penghargaan tersebut, sebagai bentuk apresiasi Bupati Luwu dan Ketua Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu, Hayarna Hakim kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam penilaian Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019-2020.

Dimana pada tahun tersebut, Kabupaten Luwu berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi pada lomba KKS. (Rif)