EkobisHeadline

Pertamina Berencana Hapus Pertalite, Diganti Pertamax Green

105
×

Pertamina Berencana Hapus Pertalite, Diganti Pertamax Green

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi bahan bakar minyak.

Hanya saja, ia menegaskan, rencana penghapusan Pertalite dan diganti dengan Pertamax Green 92 masih merupakan kajian internal perusahaan. Belum ada keputusan pemerintah ihwal rencana tersebut untuk tahun 2024.

Sementara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif hingga saat ini belum mengiyakan apakah rencana tersebut akan direalisasikan tahun depan karena masih dalam pengkajian.

Namun, ia mengatakan, Pertamina memang terus mencari jenis BBM yang lebih ramah lingkungan. Semakin tinggi nilai oktan, semakin baik untuk menekan emisi.

Perubahan Pertalite Jadi Pertamax Green 92 Masih Usulan, Belum Diputuskan Pertamina Gelar Mitigasi Bencana Abrasi Melalui Penanaman Mangrove

“Ini kan begini, mau mencari jenis BBM yang ramah lingkungan, kalau oktan number makin tinggi, makin bagus bisa kurangi Nox dan Sox (emisi udara), ini masih dikaji,” kata Arifin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (31/8/20230).

Terlebih lagi, Arifin menuturkan, akan lebih baik bila bahan bakunya menggunakan campuran bahan bakar terbarukan seperti etanol untuk pembuatan Pertamax Green 92.

Campuran etanol yang kini mulai diproduksi di Indonesia sekaligus akan mengurangi ketergantungan impor minyak mentah nasional.

Diketahui, pemerintah juga tengah berjibaku menyelesaikan persoalan polusi udara di Tanah Air, khususnya wilayah Jabodetabek yang menjadi sorotan dunia.