NasionalSport

Pesta Gol, Timnas Indonesia Lolos ke Babak Kualifikasi Piala Asia

1
×

Pesta Gol, Timnas Indonesia Lolos ke Babak Kualifikasi Piala Asia

Sebarkan artikel ini
Aksi Ricky Kambuaya di Laga Taiwan vs Indonesia, (Foto: Bandung Saputra/PSSI)

Palopo, Smartnews – Tim Nasional (Timnas) Indonesia memastikan diri melaju ke kualifikasi Piala Asia 2023, usai melibas Taiwan dengan skor 3-0 di Stadion Chang Arena, Buriram Thailand, pada Senin 11 Oktober 2021.

Unggul tipis pada leg pertama, anak asuh Shin Tae-yong langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit awal pertandingan.

Peluang pertama  muncul lewat tendangan bebas Evan Dimas di menit kesepuluh, tapi masih mengarah ke kiper Taiwan.

Pasukan Garuda pun terus melancarkan serangan, tapi beberapa kali gagal karena offside, di antaranya melalui Dedik Setiawan dan Adam Alis.

Pada menit ke 27, Egy maulana Vikri berhasil membobol gawang Taiwan, usai umpan silangnya ke dalam kotak penalti gagal disambut disambut Dedik Setiawan. Pergerakan Dedik sukses mengecoh kiper Taiwan sehingga bola pun meluncur ke gawang.

Menit ke-31, Indonesia nyaris kebobolan setelah upaya bola buangan Pratama Arhan jatuh ke kaki pemain Taiwan. Beruntung, tembakannya masih melenceng tipis di sisi gawang.

Di awal babak kedua, pelatih Shin Tae-young melakukan pergantian pemain. Witan Sulaeman masuk menggantikan Adam Alis. Timnas Indonesia kembali berhasil menggandakan keunggulan saat babak kedua baru berjalan 10 menit.

Tendangan keras kaki kiri Ricky Kambuatya dari dalam kotak penalti, memanfaatkan kesalahan pemain Taiwan dalam membuang bola, sukses menjebol gawang Shin Shih-An.

Unggul dua gol, Indonesia tidak menurunkan tempo serangan. Anak asuh Shin Tae-yong beberapa memberi ancaman ke gawang Taiwan, sayangnya peluang tersebut tidak berbuah gol.

Menjelang akhir laga, Witan Sulaiman yang masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua berhasil menambah keunggulan Timnas Indonesia. Lewat serangan cepat, Witan menggiring bola ke kotak penalti Taiwan sebelum menaklukkan Shin Shih-an lewat tendangan mendatar kaki kiri.

Hingga akhir laga, tak ada tambahan gol yang tercipta. Indonesia sukses mengalahkan Taiwan 3-0 di leg kedua playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, dan dengan demikian menang agregat 4-1.

Hasil ini pun meloloskan Egy Maulana Vikri dkk ke putaran akhir Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan digelar Februari tahun depan. (*)

Susunan pemain:

Taiwan:
Shin Shin-An, Hsie Peng-Long, Chen Ting-Yang, Liang Meng-Shin, Chen Hao, Lin Cheng-Yi, Emilio Estevez, Wu Yen-Shu, Li Mao, Wu Chun-Ching, Li Mao.

Indonesia:
M. Riyandi, Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Victor Igbonefo, Rahmad Irianto, Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, Adam Alis, Evan Dimas, Egy Maulana, Dedik Setiawan.