Poros Palopo-Torut Kembali Longsor

Longsor menutup akses jalan Palopo-Toraja Utara, Rabu 10 November 2021.(foto: smartnews)

Palopo, Smartnews – Jalan poros yang menghubungkan Kota Palopo dengan Kabupaten Toraja Utara (Torut) kembali tertimbun longsor, Rabu 10 November 2021. Akibatnya, kendaraan tidak dapat melintas.

“Longsor terjadi sekitar pukul 15.00 wita tepatnya di kilometer 14 Kelurahan Battang, Kecamatan Battang Barat,” kata Kepala Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Beni Sumbung, kepada smartnews.co.id.

Sebelumnya, bencana longsor juga sempat memutus jalur Palopo-Torut pada Minggu 8 November 2021. Longsor disebabkan tingginy intensitas hujan yang mengguyur hampor seluruh wilayah Kota Palopo.

Berbeda dengfan longsor sebelumnya yang terjadi saat hujan mengguyur daerah pegunungan Kota Palopo, longsor kali terjadi disaat cuaca dalam keadaan cerah. Bahkan sangat terik.

“Longsor kali diluar dugaan karena terjadi saat cuaca sangat panas. Beruntung tidak ada korban jiwa,” kata Beni.

Beni menuturkan, saat ini, satu ekskavator yang telah dikerahkan untuk membersihkan material longsor. “Kemungkinan jalan baru bisa dilalui besok karena longsor yang terjadi kali ini cukup besar,” katanya.

Olehnya itu, Beni menghimbau warga yang akan melakukan perjalanan dari Palopo menuju Torut dan sebaliknya, agar menunda perjalanan hingga kondisi jalan dinyatakan aman  untuk dilalui.(*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News