Daerah  

Rawan Longsor, Menteri Sosial Akan Siapkan Gudang Logistik di Beberapa Titik di Walenrang Barat Luwu

Belopa, Smartnews – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, mengungkapkan pihaknya akan menyiapkan buffer stok atau gudang logistik di sejumlah titik di Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu.

Hal itu dikatakan Risma saat meninjau lokasi bencana tanah longsor di Desa Ilang Batu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Rabu 6 Oktober 2021.

Dia menyebutkan, disepanjang jalan menuju lokasi bencana longsor dirinya melihat jika lokasi tersebut memang rawan terjadi bencana tanah longsor.

Sebab katanya, kontur tanah di wilayah tersebut sangat labil. “Jadi saya tadi lihat jalur sepanjang saya kesini itu memang sangat riskan (rawan) untuk terjadi
Longsor,” katanya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika pengadaan buffer stok ini nantinya, untuk mengantisipasi jika kedepannya kembali terjadi bencana lonsor susulan dan menutup akses jalan di wilayah tersebut.

“Kalau terjadi longsor kemudian akses itu tertutup yang saya khawatirkan adalah kebutuhan pangan dari warga dan beberapa titik ini tidak bisa terpenuhi. Itu yang kita lakukan bersama Bupati, Kapolres, Dandim, itu akan menyiapkan,” jelasnya.

“Beberapa titik yang ada huniannya itu kita akan siapkan Buffer Stok, itu kalau terjadi sesuatu, kita tidak Kepingin itu terjadi kita sebgai manusia Diwajibkan untuk berusaha. Kita akan siapkan cover stok yang berisi adalah kebutuhan makan dan air bersih kemudian untuk operasional alat kalau diperlukan alat,” pungkas Risma.

Sekedar diketahui, banjir dan tanah longsor menerjang wilayah Walenrang-Lamasi, Minggu 3 Oktober 2021 lalu. (*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News