HeadlineSport

Resmi! Liga 1 Kembali Bergulir Pekan Depan

2
×

Resmi! Liga 1 Kembali Bergulir Pekan Depan

Sebarkan artikel ini
Logo Liga 1. (INT)

Jakarta, Smartnews – Kompetisi BRI Liga 1 akhirnya akan kembali bergulir pasca dibekukan akibat tragedi Kanjuruhan.

Liga 1 akan mulai bergulir Senin 5 Desember 2022 pekan depan. Kepastian bergulirnya Liga 1 setelah Mabes Polri mengeluarkan izin keramaian tentang Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Liga 1 bergulir tanpa Kongres Luar Biasa (KLB) sebagaimana rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Dalam salah satu rekomendasinya, TGIPF yang diketuai Menkopolhukam Mahfud MD sempat mengancam pemerintah tidak akan memberi izin sebelum PSSI berbenah.

Pembenahan yang dimaksud yakni melalui Kongres Luar Biasa (KLB). Sebelumnya TGIPF meminta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan seluruh anggota Exco PSSI untuk mengundurkan diri.

Belakangan, setelah melalui sejumlah rapat, pemerintah dan PSSI sepakat menggulirkan kembali lanjutan kompetisi sepak bola BRI Liga 1 Indonesia.

Pemerintah bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Kepolisian RI, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah memastikan hal-hal teknis penyelenggaraan sepak bola yang akan kembali bergulir pada 5 Desember 2022.

Liga 1 akan dilanjutkan dalam dua putaran. Dimana pada putaran pertama akan menerapkan sistem bubble di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.