HeadlineKALTIM

RS Bakal Dibangun di Muara Wahau, Yan Ipui Minta Tenaga Medis Diberi Beasiswa

760
×

RS Bakal Dibangun di Muara Wahau, Yan Ipui Minta Tenaga Medis Diberi Beasiswa

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kutai Timur, Yan.

KUTIM – Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Yan Ipui meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tenaga medis. Hal ini berkaitan dengan rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) tipe D di Kecamatan Muara Wahau.

Yan Ipui menilai pembangunan RS di Muara Wahau merupakan langkah tepat yang diambil Pemkab Kutim. Apalagi, masyarakat daerah tersebut memang membutuhkan akses kesehatan.

Hanya saja, pembangunan fasilitas kesehatan kata Yan, harus dibarengi dengan peningkatan SDM tenaga medis. Dia menilai, akan sangat percuma bila membangun fasilitas kesehatan namun tidak dibarengi SDM yang mumpuni.

Untuk itu, dia menyarankan agar Pemkab Kutim memberikan beasiswa kepada para tenaga medis agar dapat meningkatkan SDM mereka. Menurut Yan, beasiswa di bidang kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin keberlanjutan layanan kesehatan yang berkualitas. Sebab, hal tersebut dapat menjamin keberlanjutan layanan kesehatan di masa yang akan datang.

“Jadi jika rumah sakit sudah berdiri, maka tenaga sudah siap. Kita harus belajar dari pengalaman seperti di Muara Bengkal, dimana rumah sakit sudah jadi, namun mengalami kendala tenaga medis, ini yang kita tidak inginkan,” ujarnya.

Menurutnya, Pembangunan rumah sakit daerah dan program beasiswa untuk tenaga medis merupakan bukti komitmen Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di wilayah tersebut. Dukungan ini sangat penting untuk menjamin keberlanjutan program dan mewujudkan tujuan pembangunan rumah sakit daerah yang berkelanjutan.

“Dan saya harap nantinya yang mengikuti program ini diprioritaskan masyarakat lokal disana, biar nggak ada alasan lagi untuk tidak betah mengabdi kepada masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Untuk memastikan keberlanjutan program pembangunan rumah sakit daerah dan beasiswa tenaga medis, perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana program ini berjalan efektif dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Yan Ipui juga berharap, pembangunan sektor kesehatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain itu, juga sebagai peningkatan pelayanan kepada masyarakat. (adv)