Edukasi

Rumus Dasar Excel yang Wajib Dikuasai Pemula

6
×

Rumus Dasar Excel yang Wajib Dikuasai Pemula

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Smartnews – Microsoft Excel menjadi salah satu program penting dalam hampir setiap jenis pekerjaan. Berikut beberapa rumus dasar Excel yang wajib dikuasai pemula.

Sebagai program pengelolaan data, Microsoft Excel kerap digunakan untuk keperluan administrasi. Program ini membantu pengguna dalam mengorganisir data-data penting.

Tak hanya itu, program ini bahkan membantu pengguna untuk menghitung data rumit dengan menggunakan rumus-rumus yang tersedia. Bagi beberapa orang, program besutan Microsoft ini terbilang rumit untuk dioperasikan. Betapa tidak, rumus-rumus menjelimet itu begitu sulit dihafalkan.

 

Melansir CNN Indonesia, berikut rumus dasar Exel yang harus dikuasi pemula.

 

Rumus Dasar Excel

Rumus Excel sendiri merupakan cara untuk menghitung nilai dalam satu atau beberapa sel. Rumus ini adalah persamaan matematika yang umumnya melibatkan banyak faktor, khususnya fungsi Excel.

Fungsi Excel sendiri merupakan formula standar yang sudah tersedia. Fungsi ini bekerja dengan melakukan perhitungan tertentu berdasarkan nilai yang ditentukan.

Sebagai awalan, dari sekian rumus yang dimiliki, Anda hanya perlu memahami rumus dasar Excel yang wajib dikuasai pemula berikut ini.

 

  1. Sum

Ditulis: =SUM (number1, [number 2],…)

Rumus ini digunakan untuk melakukan penjumlahan data berbentuk angka. Dengan rumus ini, Anda bisa menghitung jumlah data yang diinginkan.

Selain dengan menuliskan rumus di atas, Anda juga bisa melakukan penjumlahan dengan cara cepat.

Anda bisa memilih sel di samping angka yang ingin dijumlahkan, tepat pada sel di bawah nilai terakhir kolom atau sebelah kanan angka terakhir row. Selanjutnya, klik tombol jumlah otomatis pada tab Microsoft Excel.

  1. If

Ditulis: =if (logical_test, [value_if_true],[value_if_false])

Rumus ini digunakan untuk membuat perbandingan logis dengan menguji parameter dan mengembalikan hasil. Hasil yang keluar akan berupa ‘True/False’.

Hasil dari fungsi ini akan ada dua pilihan. Jika perbandingan benar, maka hasil akan menyatakan ‘True’. Sementara jika perbandingan salah, maka hasil akan menyatakan ‘False’.

  1. Average

Ditulis: =Average(number1, [number2],…)

Fungsi ini berguna untuk mencari nilai rata-rata aritmetika. Sebagaimana rumus Sum, rumus satu ini melakukan penghitungan di belakang layar.

  1. Today and Now

Ditulis =Today () untuk memasukkan hari ini pada sel atau =Now () untuk memasukkan hari dan waktu terbaru mengakses dokumen.

  1. Choose

Ditulis: =Choose(index_num,value1[value2],…)

Fungsi ini digunakan untuk memilih dan menampilkan satu nilai dalam daftar. Pilihan dilakukan berdasarkan nomor indeks.

Contoh penggunaannya, jika nilai 1-2-3 adalah warna lampu lalu lintas merah, kuning, dan hijau, maka rumus Choose akan menampilkan salah satu warna lampu, tergantung nomor mana yang dipilih.

Demikian rumus dasar Excel yang wajib dikuasai pemula. Semoga membantu!

(*)