DaerahHeadline

Siaga Pengawasan Menuju Pemilu 2024, Wabup Luwu Utara Apresiasi BAWASLU

1
×

Siaga Pengawasan Menuju Pemilu 2024, Wabup Luwu Utara Apresiasi BAWASLU

Sebarkan artikel ini

Luwu Utara — Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur Menghadiri Siaga Pengawasan Satu tahun menuju Pemilihan umum tahun 2024 yang diselenggarakan Bawaslu Luwu Utara, Selasa (14/02/2023). Kegiatan itu berlangsung di Gedung Pemuda Masamba.

Ibrahim Umar Selaku ketua panitia menyampaikan tujuan dari Kegiatan ini sebagai simbol Kesiapan Pemilihan umum menuju satu tahun tahapan Pungutan suara Pemilu tahun 2024.

Dirinya juga menuturkan bahwa perlu adanya Penguatan dan Sinergitas semua pihak dalam pengawasan pemilu.

“Pemilu 2024 Setahun lagi dari sekarang, kita berharap fungsi-fungsi pengawasan dapat di lakukan oleh semua pihak. Secara komposisi Bawaslu tidak mungkin sendiri dalam melakukan pengawasan oleh sebab itu menjadi penting agar pengawasan itu di lakukan oleh semua pihak untuk menciptkan pemilu yang bersih, jujur dan adil,” Papar Bora sapaan akrabnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib mansur dalam sambutannya menyebutkan, ada tiga Unsur berperan penting pada peningkatan indeks demokrasi, yaitu Perancanaan, Pelaksanaan dan pengawasan.

“Dari ke tiga hal tersebut, jika kita menginginkan peningkatan indeks demokrasi semua pihak tentu harus berperan, termasuk masyarakat itu sendiri,” ujar SM sapaan akrab Wabup Lutra.

SM menambahkan, Dengan peluncuran Dua aplikasi pengawasan pemilu oleh Bawaslu, yaitu jarimu awasi pemilu dan form pencegahan online tentu ini menandakan kita membuka ruang pengawasan seluas-luasnya.

“Masyarakat pada dasarnya peduli dengan proses pemilu, utamanya dalam hal pengawasan demi menghadirkan demokrasi yang lebih baik, hadirnya aplikasi ini saya yakin akan lebih mendongkrak tingkat kepedulian masyarakat, sehingga bawaslu tidak lagi sendiri dalam melakukan pengawasan,” cetusnya.

Setahun dari sekarang semua harus siaga dalam pengawasan.

“Pada prinsipnya pencegahan jauh lebih baik dari pada penindakan, kita berharap kesiapsiagaan tersebut nantinya selain peningkatan indeks demokrasi juga dapat Meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pesata demokrasi di indonesia, Khususnya di daerah kita tercinta ini,” tutupnya.

Pada kesempatan itu Wabup Luwu utara juga melakukan penandatanganan serta pengucapan deklarasi pemilu damai dan berintegritas yang dilanjutkan dengan peninjauan posko kawal hak pilih. (***)