HeadlineNasional

Siapa Johanis Tanak, Pria Asal Toraja yang Dilantik Jokowi jadi Wakil Ketua KPK

152
×

Siapa Johanis Tanak, Pria Asal Toraja yang Dilantik Jokowi jadi Wakil Ketua KPK

Sebarkan artikel ini
Johanis Tanak

Jakarta, Smartnews – Johanis Tanak resmi menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jumat 28 Oktober 2022.

Johanis Tanak menjadi putran Toraja pertama dan orang kedua di Sulawesi Selatan yang menduduki posisi penting di Komisi Antirasuah itu.

Sebelum Johanis Tanak, nama Abraham Samad menjadi wakil Sulawesi Selatan di KPK. Ia dikenal garang dalam memberantas korupsi.

Johanis Tanak dilantik menggantikan Lili Pintauli Siregar untuk masa jabatan 2019-2023.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 103/P tentang Pengangkatan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sektretariat Negara Nanik Purwanti.

Dilansir dari Herald.id, usai pembacaan Keppres tersebut, Johanis Tanak membacakan sumpah jabatan di depan Presiden Jokowi.

“Demi Tuhan, saya berjanji tidak memberikan atau menjanjikan apa pun, kepada siapa pun juga. Saya berjanji berjanji akan setia kepada dan mempertahankan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, serta peraturan perundangan yang berlaku,” kata Johanis Tanak.