Palopo, Smartnews – Warga Peruhaman Griya Beach Permai, Kelurahan Malatunrung, Kota Palopo, mengalami krisis air bersih tiga hari terkahir.
Tidak hanya itu, warga juga mengeluhkan pelayanan Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku Palopo. Pasalnya, selain air yang tidak mengalir ke rumah warga, pelayanan melalui mobil tangki milik PAM juga sering kali lambat dan tidak memenuhi kebutuhan air warga.
“Sudah tiga hari tidak mengalir, baru setiap kita telfon pihak PAM biasa sorepi baru datang. Itupun satu mobil tangkiji yang datang,” kata salah seorang warga, Nelvi kepada wartawan, Jumat 26 November 2021.
Lebih jauh, dirinya mengatakan jika air PAM di wilayahnya terkadang hanya mengalir pada dini hari saja.
“Dulu tengah malampi biasa mengalir, biasa jam 10 atau jam 1 malampi baru mengalir. kalau lambatki membayar cepat sekali datang surat pemberitahuannya, sementara giliran butuhki air susah sekali,” jelasnya.
Direktur Utama Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku Palopo, M Tawakkal menjelaskan, yang dikonfirmasi mengatakan penyebab tidak terdistribusinya air bersih ke sejumlah kelurahan, lantaran terjadi di hulu sungai yang menjadi sumber air baku PAM Tirta Mangkaluku.
Akibat banjir tersebut, air di dua sungai yang menjadi sumber air baku PAM Tirta Mangkaluku yakni Sungai Latuppa dan Sungai Mangkaluku menjadi keruh.
“Terkait masalah air yang tidak mengalir di beberapa kelurahan, disebabkan tingginya tingkat kekeruhan air baku di Sungai Latuppa dan Sungai Mangkaluku disebabkan banjir di hulu,” katanya, Jumat 26 November 2021.