DaerahPemerintahanRagam

Tahun Depan, Program Satu Miliar Satu Desa di Luwu Timur Terealisasi

5
×

Tahun Depan, Program Satu Miliar Satu Desa di Luwu Timur Terealisasi

Sebarkan artikel ini

Lutim, Smartnews – Program prioritas Bupati Luwu Timur, Budiman, satu miliar satu desa akan terealisasi tahun 2022.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu Timur, Halsen, di Rujab Bupati Luwu Timur, Kamis 23 September 2021. “Tahun depan (2022) terealisasi program Rp 1 M 1 Desa,” katanya.

Lebih jauh dirinya mengatakan, dana program ini telah siap, program ini akan menelan anggaran sebesar Rp 124 miliar yang akan disalurkan untuk 124 desa di Bumi Batara Guru.

Halsen mengatan program ini ditujukan untuk kegiatan fisik 60 persen dan 40 persen untuk pemberdayaan. Ia juga menerangkan Peraturan bupati (perbup) dari program ini sudah rampung dan kini sisa tahap pengusulan proposal dari desa.

Halsen mengimbau kepala desa untuk pro aktif menjemput program ini agar bisa dirasakan masyarakat di desa. “Sebab anggaran sudah siap, di RKA 2022 dananya sudah siap,” ujar Halsen.

Tapi pada dasarnya kata dia fisik yang akan berjalan di desa menggunakan program ini adalah padat karya tunai. “Swakelola oleh masyarakat di desa,” imbuhnya.

Menurutnya kalau ada desa yang tidak menjemput program ini lewat proposal akan sangat rugi. “Jadi harusnya memang kepala desa pro aktif untuk menjemput program ini,” kata Halsen.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur akan menyalurkan bantuan keuangan Rp 1 miliar satu desa ini di luar dana desa (DD). Program Rp 1 miliar satu desa adalah program Husler-Budiman yang disampaikan pada kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Bupati Luwu Timur, Budiman mengatakan itu artinya ada dana sekitar Rp 2 miliar dana yang ada di desa. “Bantuan keuangan itu diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur desa dan sarana kebutuhan prioritas lainnya di desa,” kata Budiman.

Sekedar informasi, di Kabupaten Luwu Timur terdapat 124 desa yang tersebar di 11 kecamatan. (*)