Timnas Indonesia Takluk dari Australi 2-3

Smartnews – Tim Nasional Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Australia U-23 pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, dengan skor tipis 2-3, di Stadion Republican Central Dushanbe, Tajikistan, Selasa 26 Oktober 2021.

Australia tampil mendominasi sejak awal laga, mereka menguasai bola sebesar 72 persen berbanding 28 persen sebagaimana catatan lapangbola.

Saat laga berjalan 3 menit, Australia mendapat hadiah penalti. Untungnya Patrick Wood yang mengambil bola dari titik putih gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya lemah dan dapat diamankan dengan baik oleh Ernando Ari.

Dua menit berselang Ernando Ari kembali melakukan penyelamatan penting. Tendangan jarak dekat oleh Jacob Italiano sanggup dimentahkan kiper Persebaya Surabaya itu.

Minimnya pengalaman Bagus Kahfi Cs begitu terlihat sehingga koordinasi tak berjalan lancar. Tekanan yang terus dilancarkan Australia berbanding lurus dengan jumlah peluang yang mereka dapatkan.

Luke Duzel nyaris membuka keunggulan lewat percobaan yang masih melenceng saat laga berjalan 30 menit. Ernando Ari terus menjadi penyelamat Timnas U-23.

Kiper muda Persebaya Surabaya itu menggagalkan kemelut di dalam kotak penalti pada menit ke-37. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Kondisi tak banyak berubah buat Timnas U-23 pada babak kedua. Ketiadaan pemain tengah yang bisa mengatur ritme permainan membuat Garuda Muda kesulitan membangun pola permainan.

Australia akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-54. Marc Tokich sukses menyundul bola hasil umpan tendangan bebas yang dilepaskan oleh Lachlan Brook.

Dua menit berselang Luke Duzel nyaris menggandakan keunggulan kerasnya yang masih bisa diselamatkan Ernando Ari. Bola mentah yang disambar Lachlan Brook juga berhasil dihalau barisan pertahanan Timnas U-23.

Patrick Wood akhirnya menambah keunggulan Australia menjadi 2-0 pada menit ke-60. Dia dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong setelah menerima operan dari Alessandro Lopane.

Timnas U-23 sanggup memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lewat Witan Sulaeman pada menit ke-47. Pemain Lechia Gdansk itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke pojok atas gawang Australia.

Selepas gol itu Timnas U-23 melakukan tiga pergantian sekaligus. Subhan Fajri, Taufik Hidayat, dan Marselino Ferdinan, diturunkan pada menit ke-69.

Gol Witan menjadi momentum Timnas U-23 untuk balik menyerang. Australia pun harus bermain bertahan untuk membendung serangan-serangan deras yang dilancarkan Timnas U-23.

Ikuti juga kami di Google News Smart News