DaerahEkobisNasionalRagamUncategorized

UKM Asal Luwu Ekspor Pala dan Cengkeh ke Rusia

1
×

UKM Asal Luwu Ekspor Pala dan Cengkeh ke Rusia

Sebarkan artikel ini

Makassar, Smartnews – Salah satu Usaha Kecil Mikro (UKM) dari Kabupaten Luwu, CV Surya Mandiri Sejahtera, melakukan ekspor perdananya ke Rusia.

Komoditi yang ekspor adalah pala dan cengkeh, senilai USD 123.386,36 atau setara dengan Rp 1,7 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selata (Sulsel), Ashari F Radjamilo, mengatakan, pelepasan ekspor dengan volume 15 ton tersebut berlangsung di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar, Senin 10 Januari 2022 lalu.

Ekspor ini sekaligus menjadi ekspor perdana yang dilakukan Sulsel di tahun ini. “Eksportir adalah CV Surya Mandiri Sejahtera, UKM asal Kabupaten Luwu yang juga binaan Dinas Perdagangan Sulsel,” kata Ashari, Rabu, 12 Januari 2022.

Ia mengungkapkan, sebelumnya mereka telah melakukan ekspor, namun masih melalui perusahaan milik orang lain yang berada di Surabaya.

“Dan Alhamdulillah sekarang sudah memiliki perusahaan sendiri dan bisa langsung diekspor ke Rusia,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini tak terlepas dari dukungan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yang senantiasa memberikan arahannya dalam menggenjot ekspor.

Apalagi, nilai ekspor menjadi salah satu indikator capaian kabupaten/kota untuk mendapatkan bantuan keuangan daerah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

“Pala dan cengkeh yang diekspor ini merupakan hasil dari petani Luwu,” ungkapnya.

Ia berharap, ini bisa menjadi contoh bagi UKM lainnya, untuk turut serta dalam melakukan ekspor. Apalagi Sulsel telah didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Seperti Makassar New Port dan Bandara Internasional Hasanuddin, yang mendukung dilakukannya ekspor langsung dari Makassar. “Semoga teman-teman UKM bisa ikut meningkatkan ekspor di Provinsi Sulawesi Selatan,” harapnya. (*/Rif)