HeadlineKALTIM

UMKM Ramaikan MTQ Kutim, Ketua DPRD : SDM Harus Terus Ditingkatkan

716
×

UMKM Ramaikan MTQ Kutim, Ketua DPRD : SDM Harus Terus Ditingkatkan

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Kutai Timur, Joni

KUTIM – Pelaku UMKM turut memeriahkan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-17 tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Hal ini terlihat saat pembukaan pameran dan bazar di Lapangan Helipad, Alun-alun Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, senin (24/6/2024).

Sejumlah pejabat hadir dalam pembukaan itu. Salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim, Joni.

Dia sangat terpukau dengan keterlibatan UMKM dalam UMKM Kutim ini. Dia menilai UMKM dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Joni pun mengunjungi stand-stand dari 18 kecamatan di Kutim yang menampilkan produk-produk unggulan mereka. Dalam kesempatan tersebut, Joni mengapresiasi antusiasme para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang turut meramaikan acara MTQ ke-17 ini.

“Alhamdulillah, seperti yang kita saksikan sore ini, antusiasme dari setiap kecamatan dalam mendukung UMKM sangat luar biasa. Ini bisa menjadi contoh agar UMKM di kecamatan-kecamatan bisa berkembang lebih pesat di masa depan,” ujar Joni.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mengungkapkan bahwa keterlibatan UMKM dalam berbagai event dan turnamen sangat penting, mengingat pengembangan UMKM adalah bagian dari program nasional.

“Jika memungkinkan, SDM di sektor UMKM perlu terus ditingkatkan. Kita lihat tiap kecamatan memamerkan produk unggulan yang menjadi ciri khas daerahnya masing-masing,” jelasnya.

Joni meminta Pemerintah Daerah melalui dinas terkait dapat lebih intensif dalam mengembangkan SDM di bidang UMKM, dengan mengadakan pelatihan dan program pengembangan.

“UMKM adalah salah satu program pemerintah. Produk-produk unggulan dari UMKM tiap kecamatan perlu ditingkatkan agar bisa dipasarkan ke luar Kaltim bahkan ke pasar global,” tutup Joni.

Dia juga berharap agar peningkatan UMKM dilakukan secara berkelanjutan. Dengan demikian, produk UMKM Kutai Timur tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. (adv)