DaerahPemerintahan

Usai Tinjau Lokasi Banjir, Basmin Beberkan Penyebab Banjir di Ponrang Luwu

1
×

Usai Tinjau Lokasi Banjir, Basmin Beberkan Penyebab Banjir di Ponrang Luwu

Sebarkan artikel ini
Bupati Luwu, Basmin Mattayang saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu. (Foto: Dok Humas)

LUWU – Bupati Luwu, Basmin Mattayang, meninjau tiga desa yang terdampak banjir di Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu, Senin (29/8/2021) kemarin.

Usai melakukan kunjungan itu, Bupati Luwu dua periode itu, menyebutkan jika selain curah hujan yang cukup tinggi, banjir juga disebabkan oleh minimnya jalur pembuangan air yang melalui jalan Trans Sulawesi di wilayah tersebut.

“Banjir terjadi disebelah barat jalan akibat pembuangan air yang tadinya ini banyak jembatan sekarang berubah menjadi gorong-gorong,” papar Basmin, Selasa (31/08/2021).

Tidak hanya itu, dirinya juga mengatakan jika pihaknya akan segera mengusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Jalan dan Jembatan, agar memperbesar saluran pembuangan dengan memperbanyak jembatan.

“Disini dulu banyak jembatan, namun tahun 1982 jalanan ini dibangun dan jembatan-jembatan itu diperkecil bahkan ada yang ditutup,” imbuhnya.

Ia menambahkan harapannya agar jembatan untuk saluran air dapat segera dibangun sehingga ketika terjadi hujan lebat tidak terjadi banjir.

Saat meninjau dapur umum di Kelurahan Padang Sappa, Basmin juga mengapresiasi kesigapan KSB Bua dan KSB Ponrang yang telah mengikuti pelatihan pada Juli lalu dan kini berpartisipasi penuh dalam penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Ponrang.

Dalam kunjungan itu, Basmin Mattayang didampingi Kepala Dinas Sosial, Masling, Kepala Satpol PP, Andi Iskandar dan Kepala Pelaksana BPBD, Rahman Mandaria, Bupati Luwu meninjau beberapa titik diantaranya posko dapur umum di Kelurahan Padang Sappa kemudian berlanjut meninjau aliran sungai di Desa Mario, dan Desa Tirowali. (*/Tad)