DaerahPemerintahan

Utamakan Keamanan Pangan, Dinkes Luwu Gelar Bimtek Bagi Pelaku Usaha IRTP

1
×

Utamakan Keamanan Pangan, Dinkes Luwu Gelar Bimtek Bagi Pelaku Usaha IRTP

Sebarkan artikel ini

Belopa, Smartnews – Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Kabupaten Luwu mengikuti Bimbingan Teknis Keamanan Pangan. Bimtek yang dilaksanakan di Aula Hotel Borneo, Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa itu diikuti sebanyak 37 IRTP, Senin (18/07/2022).

Bimtek yang dilaksanakan dalam rangka sertifikasi produk pangan industry rumah tangga (SPP-IRT) bagi pelaku usaha IRPT dan terlaksana berkat kolaborasi antara Dinas Kesehatan, Pengurus TP PKK serta Forum Kabupaten Sehat Luwu.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Rosnawary Basir mengatakan, pelaku usaha IRTP harus memahami bagaimana membuat produk pangan yang aman, bermutu, higienis tidak merugikan dan membahayakan kesehatan

“Keamanan pangan itu memegang peranan yang sangat penting karena berkaitan dengan penyebab timbulnya masalah penyakit yang diakibatkan produksi pangan yang tidak higienis,” katanya.

Rosnawari menjelaskan, dengan dilaksanakannya bimtek ini diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan pengetahuan dalam memproduksi pangan yang aman serta bermutu sesuai dengan amanah undang-undang.

“Kegiatan ini sebagai bekal bagi pelaku usaha IRTP, jika pangan yang dihasilkan aman dan bermutu maka masalah penyakit dapat kita hindari secara maksimal. Selain itu, peningkatan pengetahuan bagi industri pangan rumah tangga sehingga mampu menghasilkan industri pangan yang berizin, dan bersertifika,” terangnya. (*)