Edukasi

6 Negara Ini Jadikan Bahasa Indonesia sebagai Mata Pelajaran

3
×

6 Negara Ini Jadikan Bahasa Indonesia sebagai Mata Pelajaran

Sebarkan artikel ini

Smartnews — Sebagai bahasa nasional, adalah hal yang wajar ketika berbagai tingkatan sekolah di Indonesia menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran.

Pasalnya, meskipun bahasa ini memang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, mempelajarinya dalam bentuk formal tetaplah penting untuk memudahkan kita di waktu-waktu tertentu. Entah itu ketika ingin menulis karya ilmiah, membuat surat lamaran kerja atau yang lainnya.

Tapi, bagaimana jadinya jika bahasa kita ini dijadikan mata pelajaran di negera lain? Hmm… Apa ada?

Eits, jangan memandang remeh bahasa nasional kita! Buktinya beberapa negara telah mengajarkan bahasa ini di sekolah-sekolahnya. Bahkan ada pula yang menyediakan program studi bahasa kita di universitas. Nah, negara mana saja itu?

Melansir kelaspintar.id, berikut enam negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia di sekolah.

Australia

Kedekatan geografis antara Indonesia dan Australia menjadikan Negeri Kanguru ini turut memasukkan bahasa Indonesia ke dalam kurikulum sekolah mereka. Selain itu, banyak warga Australia yang berlibur ke pulau Bali, sehingga wajar jika bahasa kita ini memiliki cukup banyak peminatnya di sini.

Bahasa kita ini bahkan sudah diajarkan sejak sekolah dasar lho. Jadi kalau kalian main ke Australia, jangan kaget kalau bertemu anak-anak yang bisa berbahasa kita. Program studi bahasa yang sama juga tersedia di salah satu universitas Australia, yaitu di University of Southern Queensland.

Jepang

Indonesia dan Jepang mungkin memiliki sejarah yang buruk, tapi bukan berarti saat ini kedua negara tersebut tidak bisa menjalin hubungan diplomatis yang baik. Buktinya, Jepang menyediakan program studi bahasa Indonesia di beberapa perguruan tingginya, salah satunya di Tokyo University of Foreign Studies. Mengingat banyaknya bentuk kerja sama Jepang dengan Indonesia, Negeri Matahari Terbit ini merasa perlu untuk memberikan materi pelajaran ini.

Kanada

Jarak dari Indonesia ke Kanada mungkin hampir seperti melintasi setengah permukaan Bumi, tapi kalian bisa menemukan banyak tempat kursus bahasa Indonesia di sini lho. Salah satu alasannya adalah karena Kanada sedang gencar mencari pekerja internasional, termasuk yang berasal dari Indonesia. Terlebih, jumlah pekerja asal Indonesia juga mulai meningkat di Kanada, sehingga mereka menganggap pelajaran bahasa ini perlu disediakan.

Vietnam

Sebagai sesama negara ASEAN, tidak heran jika Indonesia dan Vietnam menjalin hubungan bilateral yang cukup erat. Belum lagi bahasa Indonesia rupanya resmi menjadi bahasa kedua Kota Ho Chi Minh, Vietnam, sejak diumumkan pada Desember 2007 silam. Tidak heran kalau bahasa Indonesia juga diajarkan di Vietnam. Bahkan, bahasa kita menjadi bahasa resmi kedua di negeri tersebut.

Ukraina

Mungkin banyak dari kita yang jarang mendengar hubungan antara Ukraina dan Indonesia. Tapi jangan salah, negara tersebut membuka program studi bahasa ini sejak tahun ajaran 2012/2013 lho. Program tersebut tersedia di Taras Shevcenko National University of Kyiv. Pembukaan program studi itu juga rupanya didukung oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah Indonesia membuka pusat kajian bahasa Indonesia di sana dan memberikan beasiswa untuk mahasiswa asing terpilih.

Korea Selatan

Jangan kira kalau hanya kalian saja yang tertarik dengan budaya Korea. Ternyata, negara kelahiran K-Pop ini juga ingin mempelajari budaya Indonesia lho! Salah satu universitas terbaik di Korea Selatan yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia adalah Hankuk University of Foreign Studies (HUFS). Bahkan, mereka membuka dua program studi terkait bahasa kita ini, yaitu Department of Malay-Indonesia di College of Oriental Language dan Department of Malay-Indonesian Interpretation di College of Interpretation and Translation.(*)