Lifestyle

8 Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor untuk Mempercantik Halaman Rumah

27
×

8 Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor untuk Mempercantik Halaman Rumah

Sebarkan artikel ini

SMARTNEWS – Memiliki tanaman hias outdoor di halaman rumah bukan hanya akan membuat suasana semakin adem dan asri, tapi juga dapat mempercantik tampilan rumah.

Bahkan, udara pun bisa semakin bersih lantaran tanaman hias outdoor yang berada di halaman rumah ini bisa berfungsi untuk penghalau debu-debu dari jalanan untuk bisa masuk ke dalam rumah yang tentu sangat berbahaya untuk kesehatan keluarga tercinta.

Jenis tanaman hias outdoor ini bisa diletakkan di area teras, pekarangan, pagar, atau ruang terbuka yang lain.

Kini sudah banyak jenis tanaman hias yang dapat ditanam. Mulai dari tanaman yang berbentuk bunga, sampai daun yang sangat lebat, jenis tanaman hias ini akan memberikan kesegaran tersendiri.

Halam rumah yang dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman bunga ini akan menjadi tempat peristirahatan yang teduh dan nyaman. Biasanya, tanaman hias yang dipakai untuk pekarangan rumah ini adalah tanaman hias daun atau bunga yang memang tahan panas dan hujan. Nah, berikut adalah ulasan tentang tanaman hias outdoor yang disadur dari berbagai sumber.

 

  1. Pakis Jepang

Pakis jepang merupakan salah satu tanaman hias outdoor yang populer di kalangan masyarakat Indonesia dan banyak ditanam di dalam rumah. Keunikan tanaman hias outdoor ini adalah daunnya yang berenda dan kelopaknya yang memiliki bentuk kecil-kecil. Tinggi tanaman hias luar ruangan ini hanya kurang dari 1 meter.

Keunikan lain dari tanaman hias daun pakis jepang juga dapat dilihat pada tampilan warna yang berbeda. Sementara daun pakis biasanya hanya berwarna hijau, daun pakis Jepang memiliki penampilan yang agak hijau keunguan. Saat menanam tanaman hias luar ruangan ini, usahakan untuk menyimpannya di tempat yang teduh yang masih mendapat sinar matahari dan menjaga tanah tetap lembab setiap saat.

 

  1. Paku Tanduk Rusa

Paku tanduk rusa merupakan salah satu jenis tanaman hias outdoor yang sering digantung di dinding, sehingga sering disebut sebagai tanaman tempel atau tanaman gantung.

Dikatakan sebagai paku tanduk rusa karena daun tanaman hias luar ruangan ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan tanduk rusa. Jadi daun bunga ini menjuntai ke bawah dengan bagian pinggiran yang melekuk seperti tanduk rusa.

Seringkali tanaman paku tanduk rusa dipasang atau digantung di dinding halaman. Tanaman ini akan terlihat bagus karena daunnya yang menjuntai ke bawah. Merawat paku tanduk rusa ini sangat mudah karena hanya perlu disiram minimal 2-3 hari sekali.

Uniknya, saat menyiram, tanaman harus dikeluarkan terlebih dahulu dari media tanam di dalam pot, kemudian setelah disiram dan sedikit mengering, masukkan kembali ke dalam pot.

 

  1. Sansevieria

Sansevieria atau lebih dikenal dengan sebutan lidah mertua merupakan tanaman hias outdoor yang sangat populer di Tanah Air.

Tanaman ini mempunyai banyak manfaat, seperti dapat menyerap banyak karbon dioksida, sehingga membuat udara di depan rumah lebih bersih. Menambahkan tanaman ini bisa membuat suasana semakin asri.

Dibandingkan dengan tanaman hias outdoor yang lain, tanaman lidah mertua ini harus disimpan di tempat teduh. Hindari sinar matahari langsung, karena dapat membuat tanaman ini mudah rusak, namun tetap memberikan sinar matahari yang cukup.

 

  1. Aglaonema

Aglaonema adalah salah satu tanaman hias outdoor yang ada di Indonesia dan dinamakan sebagai tanaman sri rejeki. Tanaman hias yang satu ini dikenal memiliki ciri khas warna daun yang terlihat indah. Umumnya ada dua gradien warna dalam satu bunga. Itu bisa hijau dan kuning atau oranye dan hijau atau merah dan hijau.

Tanaman hias luar ruangan ini sangat cocok untuk negara tropis seperti Indonesia karena tanaman ini tumbuh dengan baik di cuaca panas dan tidak membutuhkan banyak air. Kamu hanya perlu menyiram aglaonema sebanyak 2-3 kali seminggu.

 

  1. Caladium

Caladium di Indonesia dijuluki dengan nama sayap bidadari karena mempunyai bentuk yang mirip seperti mata anak panah besar. Selain itu, ada pula yang mengatakan sebagai tumbuhan hati karena bentuknya juga menyerupai hati. Ada banyak jenis tanaman hias outdoor yang satu ini.

Mulai dari warna merah kehijauan, ada pula warna hijau keputihan, dan ada juga yang berwarna hijau kekuningan. Perpaduan warna dari tanaman hias outdoor ini membuatnya terlihat semakin menarik di mata pecinta tanaman hias. Caladium sangat bagus untuk pekarangan karena tumbuh dengan baik di iklim tropis.

 

  1. Philodendron Monstera

Bila tanaman hias outdoor yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Tanaman philodendron monstera atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan monstera ini cocok bukan hanya sebagai tanaman indoor, tetapi juga sebagai tanaman hias outdoor.

Tanaman dedaunan outdoor ini dapat tumbuh hingga dua meter, sehingga bila ingin menggunakan tanaman ini di dalam ruangan, kamu bisa memilihnya saat masih kecil, tetapi jika mencapai ketinggian satu meter, kamu bisa memindahkannya ke luar ruangan.

Tanaman monstera ini mempunyai ciri khas yang ditandai dengan bolong-bolong pada daunnya, sehingga terlihat unik.

 

  1. Persian Shield

Tanaman hias outdoor berikutnya adalah Perisai Persia. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias ini ketika mendengar namanya, tetapi kamu pasti akan langsung mengenalinya saat melihat seperti apa bentuknya. Ini memiliki keistimewaan yang sangat unik karena daun perisai persia warnanya sangat mencolok.

Pada bagian pinggirnya memiliki campuran ungu, hijau, dan sedikit hitam. Tanaman hias outdoor ini sebaiknya ditanam di bawah sinar matahari penuh untuk mempertahankan warna daunnya yang sangat cantik tersebut. Jika bunga ini tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, daun perisai Persia akan tampak kusam warnanya.

 

  1. Kaktus Koboi

Tanaman hias luar ruangan terakhir adalah kaktus koboi. Kaktus koboi sangat populer dan masih populer hingga saat ini karena begitu banyak orang yang menanam dan membudidayakannya. Kaktus koboi dapat ditanam di dalam atau di luar ruangan dan sangat bagus untuk tanaman hias outdoor. Kaktus koboi ini mempunyai penampilan yang besar dan terlihat kokoh.

Kaktus koboi dapat tumbuh hingga ukuran 10 meter dan akan menumbuhkan cabang ketika tunas kamu rusak. Tanaman ini kurang suka dengan air, jadi kamu bisa memberinya sedikit air setiap hari.

Meski tidak menyukai air, kaktus koboi sangat menyukai matahari. Jadi usahakan untuk menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari.(*)