975 Anak di Luwu Diimunisasi

Belopa, Smartnews – Pemerintah Kabupaten Luwu, melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Tim Penggerak PPK menyambut program pemerintah pusat menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 dipusatkan di TK Pembina Desa Lamunre Tengah, Kecamatan Belopa Utara, Rabu (18/05/2022).

Kepala Dinas Kesehatan, Rosnawary Basir menjelaskan, BIAN merupakan pelaksanaan imunisasi bagi anak yang dimulai dari usia 9 bulan sampai 12 tahun. Program ini merupakan upaya pemerintah pusat meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak, dimana pada masa pandemi covid-19 terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap.

“Pelaksanaan dimulai sejak awal mei tahun 2022. Di Kabupaten Luwu jumlah sasaran anak pada kegiatan BIAN ini adalah sebanyak 78.631 orang anak,” katanya.

Rosmawary menambahkan, pencanangan BIAN ini menjadi salah satu upaya pencegahan untuk melindungi anak-anak dari berbagai penyakit sehingga generasi penerus bangsa menjadi sehat.

“Seperti kita ketahui saat ini, banyak penyakit yang bisa kita cegah atau mengurangi perburukan kondisi dengan imunisasi, misalnya hepatitis, polio, kanker serviks, dan penyakit covid yang saat ini masih menjadi pandemi di dunia,” tuturnya.

Sementara, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan, Basuki Rahmat mengatakan pelaksanaan vaksin imunisasi serentak di 22 Puskesmas se Kabupaten Luwu.

“Jumlah capaian BIAN pada hari ini sebanyak 975 anak atau sekitar 1,24 persen dari Total sasaran di Kabupaten Luwu. Jumlah ini akan terus bertambah karena dari data tersebut, baru 11 puskesmas dari 22 puskesmas yang sudah memasukkan data hingga saat ini,” ungkap Basuki Rahmat

Basuki juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Bupati Luwu dan Ketua Tim Penggerak PKK dalam upaya menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional Tahun 2022 di Kabupaten Luwu.

“Semoga sampai waktu yang ditentukan, Kabupaten Luwu dapat menyelesaikan target sasaran Imunisasi Dasar Lengkap (IDL),” tutupnya. (*)

 

Ikuti juga kami di Google News Smart News